Wabup Sujiwo: Kampung Tangguh Anti Narkoba Tekan dan Persempit Ruang Gerak Pengedar dan Pengguna

MELUNCURKAN - Wakil Bupati Kubu Raya Sujiwo bersama Kapolres Kubu Raya AKBP Yani Permana meluncurkan Desa Rasau Jaya Umum, Kecamatan Rasau Jaya sebagai ‘Kampung Tangguh Anti Narkoba’ di Kantor Desa Rasau Jaya Umum, Rabu (21/7/2021). (Prokopim Kubu Raya)

KUBU RAYA, insidepontianak.com – Wakil Bupati Kubu Raya Sujiwo bersama Kapolres Kubu Raya AKBP Yani Permana meluncurkan Desa Rasau Jaya Umum, Kecamatan Rasau Jaya sebagai ‘Kampung Tangguh Anti Narkoba’ di Kantor Desa Rasau Jaya Umum, Rabu (21/7/2021).

Peluncuran Kampung Tangguh Anti Narkoba di Desa Rasau Jaya Umum dengan tema ‘Rasau Jaya Umum Bersinar (Bersih Narkoba)’ ditandai dengan pemotongan pita Posko Kampung Tangguh Anti Narkoba oleh Wakil Bupati Kubu Raya dan Kapolres.

Bacaan Lainnya

Wabup Sujiwo mengapresiasi Kapolres Kubu Raya bersama jajajarannya khususnya Satnarkoba serta Kepala Desa Rasau Jaya umum dan masyarakat Desa Rasau Jaya Umum yang telah berupaya membentuk Kampung Tangguh Anti Narkoba di Desa Rasau Jaya Umum.

“Dengan adanya peluncuran Kampung Tangguh Anti Narkoba, harus diiringi dengan tindakan dan aksi konkret dari masyarakat itu sendiri, sehingga terminimalisir dan terjadi tekanan baik peredaran maupun penyalahgunaan narkoba,” kata Sujiwo, usai meresmikan Kampung Tangguh Anti Narkoba di Desa Rasau Jaya Umum.

Sujiwo menegaskan, dengan terbentuknya Kampung Tangguh Anti Narkoba, tentunya menjadi pesan baik itu bagi pengguna maupun bagi pengedar. Artinya, sudah tidak ada tempat lagi di Desa Rasau Jaya Umum ini bagi pengedar mapun pengguna narkoba.

“Pemerintah Kabupaten juga akan ambil peran dalam hal ini, karena baik Polri maupun BNN tidak akan mampu dan maksimal Ketika tidak ada dukungan dari semua elemen masyarakat, untuk itu perlu adanya gotong royong, bahu membahu ‘kepung bakul,” tegasnya.

Menurut Sujiwo dengan terbentuknya Kampung Tangguh Anti Narkoba di Desa Rasau Jaya Umum ini tentunya dapat menjadi contoh bagi desa-desa lainnya, dan pihaknya akan berupaya menyampaikan desa-desa lain dan masyarakatnya agar segera membentuk Kampung Tangguh Anti Narkoba.

“Setidak-tidaknya ada tanggung jawab dan pesan moral bagi Kepala Desa dan masyarakatnya, ini juga menjadi pesan yang luar biasa bagi pengedar dan pengguna, karena dengan adanya Gerakan bersama tentu akan mempersempit gerakan pengedar maupun pengguna narkoba,” ujar Sujiwo.

Kapolres Kubu Raya AKBP Yani Permana mengungkapkan terpilihnya Desa Rasau Jaya Umum sebagai Kampung Tangguh Anti Narkoba kerena melihat dari berbagai faktor, letak geografisnya yang cukup strategis untuk peredaran narkoba karena menghubungkan antar desa dan antar kecamatan.
“Kemudian dari sejarahnya, dari data yang ada beberapa pemuda di Rasau Jaya Umum pernah kita proses karena terlibat kasus narkoba, sehingga Desa Rasau Jaya umum ini kita pilih sebagai Kapung Tangguh Anti Narkoba,” ujar Yani Permana.

Yani Permana melanjutkan, peluncuran Kampung Tangguh Anti Narkoba ini bukan hanya seremonial saja, pihak desa sudah menyiapkan perangkatnya, bahkan sudah Menyusun jadwal untuk melaksanaan barbagai kegiatan, baik itu sosialisasi, proses pencegahan maupun penginputan data kemudian menginformasikan kepada BNN dan Satnorkoba Polres Kubu Raya.

“Ini akan berlangsung terus, kami yakin yang sudah disiapkan pihak desa dan tim di sini akan berhasil. Tidaknarkoba, prestasi yes,” tutup Kapolres. (jek)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *