Pemprov Kalbar akan Datangkan Oksigen dari Kuching Malaysia

Tabung Oksigen menjadi barang penting bagi pasien Covid-19 berstatus darurat
Tabung Oksigen menjadi barang penting bagi pasien Covid-19 berstatus darurat. Suara.com

PONTIANAK, insidepontianak.com – Pemerintah Provinsi Kalimantan Barat berencana mendatangkan pasokan oksigen kesehatan dari Kuching, Malaysia ke Kalbar. Kebijakan itu diambil untuk memenuhi kebutuhan oksigen di Kalbar yang mengalami kekurangan seiring kasus infeksi Covid-19 yang terus meningkat.

Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Kalbar, Harisson mengatakan, Pemprov mendorong perusahaan oksigen di Kalbar untuk melaksanakan impor oksigen dari Khucing. Sebagai dukungan, Gubernur Kalbar Sutarmidji telah menyurati Menteri Serawak yang difasilitasi Konsulat Jenderal Republik Indonesia (Konjen RI) di Malaysia.

Bacaan Lainnya

“Tinggal administrasi saja dan penghitungan kebutuhan oksigen mereka. Artinya (kalau) kebutuhannya lebih, baru jual ke Indonesia,” ucap Harisson, Kamis (22/7/2021).

Dia berharap, dalam waktu dekat, proses administrasi untuk mendatangkan pasokan oksigen dari Kuching dapat selesai. Sebab, mobil yang membawa iso tank yakni perusahaan oksigen di Kalbar sudah ada di Entikong.

“Mudah-mudahan kalau ini sudah bisa, maka pasokan oksigen untuk Kalbar akan kembali lancar,” harapnya.

Mantan Kadis Kesehatan Kapuas Hulu ini mengatakan, saat ini Pemprov Kalbar memang tidak bisa terlalu berharap dengan perusaahaan oksigen dari jawa. Sebab, kebutuhan rumah sakit di pulau Jawa naik tiga kali lipat dari biasanya.

“Ini yang menyebabkan pasokan kita berkurang karena mereka lebih mengutamakan rumah sakit di Jawa dan Bali,” pungkasnya.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *