Penetapan Lokasi Bandara dan Peningkatan Status Jalan Nasional Kayong Utara akan Terealisasi

MENINJAU - Wakil Ketua DPR RI Syarif Abdullah Al-Qadri mengobrol bersama Bupati Kayong Utara Citra Duani sebelum meninjau masyarakat Dusun Sidorejo yang terdampak banjir. (Fauzi)

KAYONG UTARA, Insidepontianak.com – Wakil Ketua Komisi V Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI) Syarif Abdullah Al-Qadri melakukan kunjungan kerja ke Kabupaten Kayong Utara, Kamis (22/7/2021).

Pada kesempatan tersebut, ia juga mengajak Tim Kementerian Perhubungan, Tim Balai Wilayah Sungai Kalimantan I, dan tim lainnya, untuk melihat langsung proyek pembangunan bandara, pembenahan aliran sungai di sekitar Desa Sedahan Jaya yang menjadi salah satu faktor penyebab banjir, dan kesiapan pembangunan PDAM di Kayong Utara.

Bacaan Lainnya

Syarif Abdullah Al-Qadri mengaku , khusus Jalan Kayong Utara yang berstatus jalan provinsi saat ini, pihaknya sudah mengajukan peningkatan status menjadi jalan nasional. Peningkatan status ini guna menunjang pelabuhan nasional yang berada di Kecamatan Teluk Batang.

“Sekarang sedang kita bahas, mudah – mudahan bisa segera terealisasi dan mudah dibanntu dengan dana APBNAPBN,” terangnya.

Untuk bandara di Kayong Utara, pihaknya pun sudah melakukan pembahasan dengan Kementerian Perhubungan, dan berdasarkan hasil rapat dengar pendapat diakui Syarif Abdullah pihak kementerian menyetujui pembangunan bandara, tinggal menunggu penetapan lokasi (penlok)

“Pada rapat RDP pak menteri setuju bandara di bangun di Kayong. Beliau (kementerian perhubungan) siap mengeluarkan penloknya, sehingga menjadi dasar bagi daerah melakukan pembebasan lahan,” tuturnya

Diakui pria kelahiran 1966 ini, khusus pembiayaan, dimasa pandemi Covid-19 tentu menjadi kendala, sehingga akan memakan waktu dan penganggaran yang bertahap.

“Hsrus disadari, karena sekarang masalah covid, tentu biayanya ini bertahap. Saya kira tidak bisa secepatnya ini (pembangunan) berkaitan dengan bandara,” tuturnya. (Fauzi)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *