Kebun Durian Mengantarkan Karir Politik Sarnawi

  • Bagikan
MEMBAWA DURIAN - Ketua DPRD Kayong Utara Sarnawi bersama Daud Yordan, membawa durian dari kebun milik Sarnawi. (Fauzi)

KAYONG UTARA, insidepontianak.com – Tumbuh besar dari hasil perkebunan durian, hal itulah yang keluar dari mulut Sarnawi di sela – sela menyandau durian di kebun miliknya di daerah Selimau Dalam, Senin (26/7/2021) sore.

Sarnawi yang merupakan Ketua DPRD Kayong Utara ini ternyata lahir dari keluarga yang sederhana, bahkan walaupun saat ini sudah 2 kali menjabat sebagai anggota DPRD, hingga Ketua DPRD Kayong Utara Sarnawi mengaku tak banyak yang berubah dari kepribadian dirinya.

“Saya tumbuh besar dari hasil kebun durian milik orangtua. Hingga sekarang (pejabat DPRD) saya masih mengurus kebun milik orangtua yang diserahkan ke saya. Menjadi orang biasa hingga sekarang (ketua DPRD) saya tetap seperti ini, musim durian ke kebun, membersihkan semak-semak di sekitar pohon durian,” tutur Sarnawi.

Bahkan diakui Sarnawi dirinya sering tidur sendirian di pondok miliknya yang hanya berukuran 2 meter persegi diatas bukit. Diatas ketinggian Sarnawi mengaku mendapatkan ketengan, terlebih beban kerja yang saat ini dipikulnya cukup berat.

“Ya sekarang sibuk, banyak yang dikerjakan, jadi kalau saya merasa pusing dengan rutinitas dikantor, saya naik ke pondok atas, bahkan beberapa kali nginap diatas sambil nyandau durian jatuh, ” Tutur pria kelahiran 1972.

Diusia yang tak lagi muda tampak sarnawi masih tampak cekatan melewati bebatuan diatas bukit sambil membawa embung penuh buah berduri ini. Sontak aksi Sarnawi membawa embung terisi pemuh buah durian ini mendapat banyak pujian dari rekan- rekannya yang ikut menyamdau buah durian, karena beberapa rekan yang masih muda dibawahnya tak mampu menurunkan durian di dalam embung terisi penuh.

“Kalau saya sih sudah biasa mikul embung durian penuh gini, dari dulu sebelum menjadi anggota DPRD hingga ketua DPRD sekarang. Kalau yang belum pernah memang berat, tapi kalau sudah terbiasa, saya rasa biasa saja,” timpalnya.

Petinju juara dunia Daud Yordan yang juga ikut pendakian di kebun durian milik Ketua DPRD Kayong Utara Sarnawi mengaku bangga dengan kepribadian Sarnawi.

Diakui Daud yang akrab disapa ini, di zaman sekarang tak banyak seorang pejabat yang masih menyempatkan diri berkebun, hingga memikul embung sendiri yang beratnya bukan main.

“Saya sebagai olahragawan merasa sangat bangga dan terkagum dengan kesederhanaan pak ketua, beliau sebagai orrang nomor 1 di DPRD tidak sungkan ngambong (menggendong) durian dari atas gunung. padahal beliau pejabat publik yang saya kira tidak punya banyak waktu lagi untuk tetap bisa berkegiatan kususnya di hutan,” ungkap Daud Yordan.

Daud Yordan bersama rombongan sasana Daud Boxing Club yang dijamu Ketua DPRD makan durian kebun miliknya tampak asik mengobrol terkait perkembangan kabupaten Kayong Utara. Bahkan sesekali Daud tampak melontarkan candaan terkait nama Sarnawi untuk memimpin Kayong di Pilkada mendatang, namun Sarnawi tampak hanya tersenyum.

Sosok Sarnawi yang begitu tidak canggung bergaul dengan semua kalangan ini mendapat pujian dari Daud Yordan. Bahkan disela – sela menyandau durian Sarnawi masih sempat menceritakan dan meminta pendapat membangun Kayong lebih baik lagi kedepannya.

“Saya kira potret seperti ini patut kita contoh, karena sebagai teladan kita untuk bercermin bahwa sejatinya pemimpin itu harus mampu tetap berada di semua posisi kehidupan, dan beliau melakukan hal itu. Sungguh kesan yang luar biasa bercengkerama dengan beliau di kebun durian bersama dengan beliau di hutan, namun tetap berusaha memikirkan kayong utara dengan pemikiran yang visioner, ” Tutur Bapak 2 anak ini. (Fauzi)

Komentar
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: