Cegah Karhutla, BPBD Imbau Masyarakat Tak Bakar Lahan

  • Bagikan
Kebakaran Hutan
Kebakaran Hutan. Suara.com

BENGKAYANG, insidepontianak.com – Plt Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bengkayang, Damianus mengimbau, masyarakat khususnya di Kabupaten Bengkayang untuk tidak membakar lahan.

Damianus mengatakan, 2 pekan terakhir, Kabupaten Bengkayang alami cuaca yang cukup panas. Musim kemarau kemungkinan akan berlangsung. Terpantau ada beberapa titik panas oleh BPBD.

“Sempat diangka 50 titik panas. Namun, ada hujan sedikit kemarin, menyisakan 20 titik panas saja saat ini,” ungkap Damianus, Kamis (29/7/2021).

Diterangkannya, titik panas tersebut bersumber dari hasil pembakaran lahan petani, yang mana disaat ini musim pembakaran ladang sedang terjadi.

“Tercatat yang masih terpantau, dari petani. Untuk perusahaan belum ditemukan. Sebab kalau pihak perusahaan bakar, pasti ada laporan kepada kita,” terangnya.

Ia mengungkapkan, jika pemilik lahan ingin melakukan pembukaan lahan, dianjurkannya sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang telah ditentukan dan ditetapkan pemkab.

“Sesuai dengan Perbup Bengkayang Nomor 34 Tahun 2020 tentang Tata Cara Pembukaan Lahan Pertanian Berbasis Kearifan Lokal Bagi Masyarakat Di Kabupaten Bengkayang,” ujarnya.

Damianus berpesan kepada masyarakat atau petani yang membuka lahan dapat diperhatikan aspek-aspek lingkungan, jangan membakar sembarangan lahannya, tapi saling menjaga dan hindari sedini mungkin terjadi kebakaran.

“Mencegah Karhutla kita tetap utamakan dengan sosialisasi dan edukasi bekerjasama dengan TNI-Polri, untuk menumbuhkan kesadaran masyarakat,” tutupnya.

Komentar
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: