Vaksin Ampuh Cegah Penularan hingga Kematian Akibat Covid-19

  • Bagikan
Vaksinasi massal yang digelar Pemkot Pontianak di GOR Pangsuma
Vaksinasi massal yang digelar Pemkot Pontianak di GOR Pangsuma. Dok

JAKARTA, insidepontianak.com – Varian baru virus penyebab Covid-19 bermunculan mulai dari Alpha, Beta, dan Delta. Kasus dari varian tersebut juga telah ditemukan di Indonesia. Kendati demikian, vaksin yang ada saat ini diklaim masih mampu melawannya.

Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Prof Wiku Adisasmito menyebutkan, salah satu jenis vaksin yang paling banyak digunakan di Indonesia adalah Sinovac. Diketahui, vaksin ini terbukti ampuh mencegah penularan, rawat inap, hingga kematian akibat Covid-19.

Berdasarkan kajian cepat Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan Kemenkes, Wiku menjelaskan, 2 dosis vaksin Sinovac dapat menurunkan risiko penularan hingga 94 persen, juga menurunkan risiko rawat inap hingga 96 persen dan mencegah risiko kematian hingga 98 persen.

“Siapkan diri untuk vaksinasi karena vaksin terbaik adalah vaksin yang sudah tersedia dan dapat kita akses,” katanya.

Sementara itu di Kalimantan Barat khususnya Kota Pontianak, stok vaksin mulai kekurangan. Wali Kota Pontianak, Edi Rusdi Kamtono berharap segera mendapat kiriman vaksin dari pemerintah pusat.

“Stok vaksin untuk wilayah Kota Pontianak menipis atau bahkan habis,” katanya, kemarin.

Menurut Edi, karena stok terbatas, vaksinasi sekarang ini memprioritaskan bagi warga yang sudah menerima vaksin pertama.

Edi mengklaim masyarakat antusias menerima vaksinasi. Namun karena stok menipis, sehingga terjadi antrean di puskesmas-puskesmas yang melaksanakan vaksinasi.

Komentar
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: