Kadinkes Bengkayang Rencanakan Pasok 5 Tabung Oksigen Setiap Puskesmas

  • Bagikan
Tabung Oksigen
Tabung Oksigen

BENGKAYANG, insidepontianak.com – Pelaksana Tugas (Plt) Kadinkes Kabupaten Bengkayang, I Made Putra mengatakan, pihaknya berencana akan memasok 5 tabung oksigen pada puskesmas di setiap kecamatan Se-kabupaten Bengkayang. Ini dilakukan guna mengantisipasi pertolongan pertama saat pasien sesak nafas.

“Akan kita upayakan, disetiap Puskesmas akan dipasok 5 tabung oksigen. Terutama Puskesmas yang memiliki IGD,” terangnya, Jumat (30/7/2021).

Made mengatakan, sejauh ini, pemasokan tabung oksigen hanya diprioritaskan untuk setiap rumah sakit di Kabupaten Bengkayang. Dengan demikian, ketersediaan tabung oksigen di setiap puskesmas di kecamatan terbilang minim.

Melihat hal itu, pihaknya berencana dan berupaya akan memasok tabung oksigen tersebut. Minimal 5 unit tabung besar setiap masing-masing puskesmas.

Hal itu ia tekankan, ketika stok di rumah sakit sudah terpenuhi dan aman, serta Pemkab Bengkayang sudah memiliki alat produksi tabung oksigen yang telah disiapkan dan direncanakan.

“Walaupun aturannya, yang dirawat di puskesmas adalah pasien yang tidak sesak nafas. Tetapi oksigen diperlukan dan sangat membantu setiap pasien,” ungkapnya.

Diterangkannya, saat di lapangan tidak diketahui pasien yang jaraknya jauh, apalagi di daerah perbatasan, seperti Kecamatan Jagoi Babang, Kecamatan Siding dan Kecamatan Tujuh Belas. Apabila mereka alami sesak nafas malam hari. Tentu pertolongan pertama adalah puskesmas yang terdekat.

“Semoga apa yang kita rencanakan, kedepan akan dipermudahkan. Agar hak kesehatan bagi masyarakat dapat terpenuhi,” tutupnya.

Komentar
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: