Ladys Wajib Paham, Sering Pakai Lipstik Bisa Berbahaya

  • Bagikan
Ilustrasi lipstik
Ilustrasi lipstik

PONTIANAK, insidepontianak.com – Tahukah kalian bahwa penggunaan atau pemakaian lipstik setiap hari ternyata bisa menyebabkan sejumkah resiko penyakit Ladys?

Dalam studi dari Berkeley School of Publick Health, University of California, penggunaan lip gloss dan lipstik disebut memiliki bahan racun yang berbahaya, mulai dari kadar kromium, timbal, aluminium, dan kadmium.

Terlebih lagi, penelitian ini mencatat, masalah kesehatan ini bisa berakibat jangka panjang bagi perempuan yang mengoleskan lipstik lebih dari dua hingga tiga kali dalam 24 jam, salah satunya tumor perut.

Dilansir dari Healthshots yang dikutip Suara.com, ada beberapa zat beracun pada lipstik yang perlu Anda ketahui.

Polietilen glikol: bahan berbasis krim ini bisa menimbulkan bahaya bagi kesehatan sistem saraf.

Paraben: umumnya ditemukan pada lipstik yang bisa menembus ke kulit. Selain itu, bahan ini bisa menyebabkan beberapa efek samping, salah satunya depresi dan juga diare.

Phthalates: bahan ini disebut bisa membahayakan sistem endokrin tubuh.

Timbal: bahan kandungan ini bisa menyebabkan risiko kesehatan jangka panjang.
Selain bahan beracun, ada lima risikonya jika Anda memakai lisptik berlebihan. Apa saja?

Adanya racun yang membahayakan tubuh

Memakai lipstik dengan bahan yang berbahaya, ini bisa menyerap racun ke dalam tubuh perempuan. Kadang tanpa disadari, perempuan lupa memperhatikan kandungan bahan saat membelinya. Maka dari itu, lebih baik cek bahan apa saja yang terkandung pada lipstik sebelum menyesal.

Menyebabkan alergi kulit

Lipstik yang mengandung bahan berbahaya, ini bisa menyebabkan risiko ruam dan gatal di bibir perempuan. Mengapa? Karena lipstik mengandung bahan kimia yang disebut bismuth oxychloride sebagai pengawetan. Bahan ini dikatakan bersifat karsinogenik, maka dari itu hati-hati sebelum membeli.

Menyebabkan kanker

Sebagian besar bahan lipstik lewat sifat karsinogenik, ini bisa menyebabkan kanker akibat pemakaian lipstik yang kurang hati-hati. Faktanya, bahan kimia yang diawetkan pada lipstik, bisa menyebabkan masalah kesehatan lainnya.  Tidak hanya kanker saja, melainkan bisa iritasi mata, mengi, dan alergi.

Menyebabkan perubahan pada sistem endokrin

Bagi perempuan yang belum paham risiko ini, lipstik mengandung bahan petrokimia yang bisa menyebabkan perubahan pada sistem endokrin. Risiko ini terjadi bisa menyerang kemampuan kognitif serta reproduksi perempuan.

Dapat menyebabkan gagal ginjal

Dalam kasus yang ekstrim, gagal ginjal juga bisa terjadi akibat penggunaan lipstik secara teratur. Hal ini lipstik mengandung kadmium dalam jumlah yang besar, sehingga ini bisa menyebabkan gagal ginjal dan juga masalah gagal ginjal.

Komentar
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: