Pangdam XII Tanjungpura dan Wali Kota Singkawang Tinjau Posko PPKM Pasiran

  • Bagikan
MENINJAU -  Pangdam XII Tanjungpura Mayjen TNI Muhammad Nur Rahmad bersama Wali Kota Singkawang, Tjhai Chui Mie saat meninjau posko PPKM di Kelurahan Pasiran, Kamis (29/7/2021). (MC Singkawang)

SINGKAWANG, insidepontianak.com – Pangdam XII Tanjungpura Mayjen TNI Muhammad Nur Rahmad bersama Wali Kota Singkawang, Tjhai Chui Mie meninjau posko PPKM di Kelurahan Pasiran, Kamis (29/7/2021).

Pada peninjauan ini, Pangdam memberikan masukan agar penanganan Covid-19 berjalan optimal mulai dari tingkat bawah, yaitu RT hingga ke tingkat kota.

“Untuk penanganan Covid-19, kita berupaya pada level taktis di tingkat bawah memberikan penanganan di suatu wilayah secara teknis dengan pola terstruktur. Mudah-mudahan melalui fungsi pencegahan, pembinaan, penanganan dan dukungan, upaya ini semua bisa bekerja dan berjalan dengan baik. Sehingga apabila ada masyarakat di suatu RT yang terkonfirmasi, maka harus ditangani sesuai dengan prosedur. Kita juga perlu memperhatikan penyebaran yang terjadi pada klaster keluarga,”kata Pangdam Mayjen TNI Muhammad Nur Rahmad.

Pangdam menambahkan perlu ada kesadaran masyarakat secara kolektif untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19. Hal ini pun dipesankan secara khusus bagi masyarakat dengan status Orang Tanpa Gejala (OTG) ataupun bergejala ringan.

“Apabila ada masyarakat yang terkonfirmasi dengan status OTG ataupun dengan gejala ringan, demi kepentingan dan keamanan bersama di imbau untuk tidak kemana-mana selama 10 hari,” katanya.

Peran serta dan kesadaran masyarakat diperlukan untuk menekan penyebaran Covid-19 di kota Singkawang. Caranya, kata Pangdam dengan mematuhi protokol kesehatan.

“Dengan adanya virus variant Delta, kemana-mana kita harus antisipasi dengan mengenakan dua masker, kurangi berkerumun dan kurangi mobilitas. Kalau kesadaran masyarakat secara kolektif ini ada, tidak menutup kemungkinan daerah tersebut akan terbebas dari paparan virus.” ujarnya.

Pangdam juga menilai Satgas Covid-19 Kota Singkawang bekerja dengan maksimal dan bergerak dengan cepat dalam berupaya memutus mata rantai penyebaran Covid-19 di kota Singkawang.

“Satgas Covid-19 Kota Singkawang sudah bekerja dengan maksimal. Pada level strategis dan operasional, sudah sering berkoordinasi dan bergerak dengan cepat. Mulai dari koordinasi dengan pemerintah provinsi dan termasuk juga ketersediaan akan kebutuhan oksigen, semuanya sudah cukup baik,” Kata Pangdam.

Wali Kota Singkawang Tjhai Chui Mie mengapresiasi kunjungan dan peninjauan yang dilakukan Pangdam XII Tanjungpura. Tjhai Chui Mie menilai keberadaan posko-posko PPKM yang ada di kota Singkawang hingga ke tingkat bawah sangat membantu dalam rangka mengedukasi dan menyampaikan informasi-informasi kepada masyarakat.

“Pada klaster keluarga itu yang perlu dijaga dengan ketat supaya tidak menularkan kepada anggota keluarga lainnya,” katanya.

Untuk itu, saya mengapresiasi masukan yang diberikan oleh Pangdam. “Setelah ini, kami akan segera merapatkannya kembali untuk semakin mengoptimalisasi tindakan yang perlu diambil dan dilakukan. Semoga status zonasi di kota Singkawang cepat membaik dan menjadi hijau,” ujarnya. (Ril)

 

Komentar
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: