Pemkot Singkawang Latih Tracer Covid-19 dengan Aplikasi Silacak

  • Bagikan
PELATIHAN - Staf Ahli Walikota Bidang Kemasyarakatan dan SDM Kota Singkawang Bujang Syukri membuka kegiatan pelatihan Aplikasi SILACAK bagi tenaga tracer Covid-19 di kota Singkawang di Restoran Kampung Batu, Kamis (29/7/2021). (MC Singkawang)

SINGKAWANG, insidepontianak.com  – Staf Ahli Walikota Bidang Kemasyarakatan dan SDM Kota Singkawang Bujang Syukri membuka kegiatan pelatihan Aplikasi SILACAK bagi tenaga tracer Covid-19 di kota Singkawang di Restoran Kampung Batu, Kamis (29/7/2021).

Tracing merupakan upaya pemerintah untuk mencari dan mendeteksi secara dini orang yang berisiko untuk tertular dan menjadi sakit. Pelacakan ini kemudian dilakukan dengan melakukan pencarian terhadap suspek dan kontak erat dengan kasus positif Covid-19 di masyarakat. Selain tracing, langkah berikutnya yang akan dilakukan adalah testing dan treatment.

“Pelatihan hari ini adalah upaya untuk mencapai target tracing dan testing sebayak 491 tes swab per hari,” kata Bujang Syukri.

Ia berharap peserta yang dilatih dapat melakukan pelacakan dan mencari suspek dan serta kontak erat terhadap kasus terkonfirmasi Covid-19 di masyarakat. “Semoga upaya ini dapat membantu memutus mata rantai penyebaran COVID-19 di Kota Singkawang.” ujarnya.

Sementara, Pelaksana Tugas Kepala Dinas Kesehatan dan KB kota Singkawang Rindar Prihantono mengatakan ada 75 peserta yang mengikuti pelatihan aplikasi SILACAK ini. Dari 75 peserta tersebut kemudian terbentuklah tim-tim yang akan dikerahkan di tiap-tiap kecamatan di kota Singkawang.

“Total tracer yang dilatih ada 75 orang. Kemudian dibagi per kecematan di kota Singkawang. Singkawang Utara 12 tracer, Singkawang Selatan 16 tracer, Singkawang Timur 10 tracer, Singkawang Tengah 20 tracer, Singkawang Barat 17 tracer.” katanya.

Peserta pelatihan bagi tracer berasal dari unsur Dinas Kesehatan, Kecamatan dan Kelurahan serta Bhabinkamtibmas dan Babinsa. (Ril)

 

Komentar
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: