Perda Pelanggar Prokes Disiapkan

  • Bagikan
Ilustrasi menggunakan masker sebagai salah satu bentuk prokes
Ilustrasi menggunakan masker sebagai salah satu bentuk prokes

KETAPANG, insidepontianak.com – Pelanggaran protokol kesehatan (prokes) menjadi salah satu penyebab meningkatnya kasus Covid-19 di Kabupaten Ketapang.

Hal itu menjadikan Ketapang masuk dalam kategori zona merah atau resiko tinggi penyebaran Covid-19 di Kalimantan Barat (Kalbar) sejak Selasa (27/7/2021).

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Ketapang sendiri saat ini telah mempersiapkan untuk membuat Peraturan Daerah (Perda) yang mengatur mengajak sanksi Tindak Pidana Ringan (Tipiring) bagi pelanggar prokes.

Hal itu guna meningkatkan disiplin masyarakat dalam mentaati prokes.

Pernyataan itu disampaikan Bupati Ketapang, Martin Rantan usai menggelar apel penyampaian maklumat untuk kesiapsiagaan dan pencegahan Covid-19 di halaman Kantor Bupati Ketapang, Jumat (30/7/2021) pagi.

“Mungkin dalam satu minggu ke depan, kita akan menerbitkan peraturan daerah, dimana akan memberikan sanksi kepada masyarakat yang melakukan pelanggaran protokol kesehatan,” ujar Martin.

Martin sapaan akrab Bupati Ketapang dua periode itu menyebut kalau penegakan hukum dalam mendisiplinkan masyarakat penting dilakukan demi keselamatan seluruh masyarakat dari wabah penyakit.

Komentar
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: