Bekerja di Layar Laptop, Ini Tips Atasi Mata Tegang

  • Bagikan
Penggunaan layar komputer (Unsplash)
Penggunaan layar komputer (Unsplash)

PONTIANAK, insidepontianak.com – Mata adalah jendela dunia. Jadi, perlakuan mata dengan baik, terutama jika dipakai terus menghadap layar komputer. Berlama-lama di depan layar, ternyata menimbulkan efek samping negatif pada kesehatan mata. Sebab menatap layar bisa membuat mata tegang.

Gejala ketegangan mata paling umum termasuk penglihatan kabur, sakit kepala, dan mata kering. Namun ini dapat bervariasi bagi tiap orang.

Untungnya, mengutip Suara.com yang dilansir dari Live Strong, ketegangan mata tidak menyebabkan kerusakan permanen dan mudah diatasi. Berikut strategi sederhana untuk mencegah mata tegang.

1. Menjaga jarak dengan layar

Duduk terlalu dekat dengan monitor komputer membuat mata Anda bekerja lebih keras. Untuk meredakannya, ciptakan jarak antara Anda dengan layar.

“Duduklah 18 hingga 25 inci dari layar komputer Anda, kira-kira sepanjang lengan, dan posisikan layar sehingga mata Anda sedikit menatap ke bawah,” kata Abdhish R. Bhavsar, MD, juru bicara klinis untuk American Academy of Ophthalmology (AAO) dan direktur Pusat Retina di Minneapolis.

2. Praktikkan 20-20-20

Manusia biasanya berkedip sekitar 15 kali dalam satu menit, tetapi jumlah ini turun menjadi lima kedipan per menit saat kita menatap komputer dan perangkat digital lainnya.

“Beristirahat setiap 20 menit untuk melihat objek setidaknya 20 kaki selama setidaknya 20 detik (‘aturan 20-20-20’) akan membantu Anda mengingat untuk berkedip dan menjaga mata tetap lembap,” jelas Dr. Bhavsar.

3. Jauhi tempat silau

Tempat yang memantulkan silau pada layar komputer tak cuma mengganggu, tapi juga dapat memperburuk mata dan meningkatkan ketegangan mata. Maka dari itu cari posisi yang pas agar layar tidak kena silau.

4. Gunakan humidifier

Tempat kantor atau ruangan kerja ber-AC mungkin membuat mata Anda kering. Jika begitu, Anda dapat memanfaatkan humidifier yang bisa menambah kelembapan udara sehingga mengurangi mata kering.

5. Atur contrast dan brightness layar

Jika layar bersinar lebih terang dari pencahayaan tempat Anda, mata mungkin terasa lebih tegang. Karenanya, mengganti pengaturan layar dapat membantu menghilangkan ketegangan mata.

Cukup atur kecerahan layar Anda agar sesuai dengan tingkat cahaya di sekitar dan tingkatkan kontras untuk tampilan yang lebih nyaman.

Komentar
  • Bagikan

Respon (1)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: