IKIP-PGRI Pontianak Perguruan Tinggi PGRI Terbaik Ketiga Nasional

  • Bagikan
Rustam
Rektor IKIP-PGRI Pontianak. (Ist).

PONTIANAK, insidepontianak.com – Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan (IKIP-PGRI) Pontianak menempati peringkat ketiga Perguruan Tinggi (PT) PGRI terbaik di Indonesia berdasarkan penilaian webometerics, Juli 2021. Webometrics adalah suatu sistem yang memberikan penilaian terhadap seluruh universitas di dunia melalui website universitas tersebut.

Rektor IKIP-PGRI Pontianak, Rustam bersyukur dengan capaian yang diraih saat ini. Capaian itu, telah membuktikan IKIP-PGRI Pontianak sebagai perguruan tinggi terbaik yang kualitasnya bukan hanya diakui level daerah, tapi juga diakui di level nasional.

“Untuk itu, masyarakat Kalbar tak perlu ragu menitipkan anaknya ke IKIP PGRI Pontianak untuk menjadi guru profesional. Sebab, IKIP telah menunjukan jati diri sebagai perguruan terbaik seluruh Indonesia,” kata Rustam kepada insidepontianak.com, Sabtu (31/7/2021).

Rustam mengatakan, perangkingan itu berkaitan erat dengan penilaian teknologi, penelitian, serta publikasi. Sebab, ada empat indikator yang digunakan dalam penilaian untuk  Perguruan Tinggi Swasta (PTS) maupun Perguruan Tinggi Negeri (PTN). Penilaian pertama  terkait presence.

“Kriteria ini merupakan jumlah halaman website dari domain web utama, termasuk seluruh subdomain yang ada di perguruan tinggi,” katanya.

Kedua, visibility, yakni jumlah eksternal link unik yang terhubung ke domain web PT. Ketiga, transparency atau openness. Kriteria ini, merupakan jumlah kutipan dari 210 penulis teratas. Terakhir, excellence or scholar.

“Kriteria ini merupakan jumlah 10 persen makalah teratas yang paling banyak dikutip dari masing-masing 26 disiplin ilmu. Sumbernya dari Scimago,” katanya.

Sebagai Rektor, Rustam mengaku bangga dan cukup puas atas prestasi ini. Sebab, membuktikan IKIP-PGRI Pontianak maksimal menggunakan digitalisasi dengan memfasilitasi server, domain, termasuk web yang dibutuhkan para dosen dan mahasiswa.

Keberhasilan itu pun kata dia, tak lepas dari kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) yang dimiliki. Sebab, IKIP-PGRI Pontianak diperkuat 34 doktor handal dari 11 prodi yang ada. Dalam waktu dekat, ada lagi 30 doktor yang akan kembali  memperkuat kampus.

Tak hanya itu, di bawah  kepemimpinan Rustam, IKIP-PGRI Pontianak juga telah mendapat izin penyelenggaraan program pascasarjana program studi pendidikan jasmani, olahraga dan kesehatan. Rencananya, Agustus ini, pendaftaran mulai dibuka.

Selain itu, di tahun 2021 ini, 21 dosen dan 40 mahasiswa IKIP-PGRI Pontianak juga berhasil lolos sebagai dosen penggerak dan mahasiswa penggerak program merdeka belajar, yang digaungkan Kemendikbud-Ristek.

“Alhamdulillah, berkat doa masyarakat, dan dukungan civitas akademika di tengah pandemi. IKIP mampu melawan pandemi dengan semakin meningkatkan prestasinya,” pungkasnya.

Komentar
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: