Asam Lambung Naik, Redakan dengan 7 Minuman Ajaib Ini

  • Bagikan
Teh diyakini mampu meringankan gejela Asam Lambung
Teh diyakini mampu meringankan gejela Asam Lambung

PONTIANAK, insidepontianak.com – Asam lambung naik kerap menimbulkan rasa tak nyaman pada perut. Gejala asam lambung naik seperti rasa mual, muntah, terasa begah, sering bersendawa, dan bau mulut pun akan muncul, sehingga dapat mengganggu kita beraktivitas.

Kadar asam lambung naik dipicu oleh sejumlah faktor seperti stres, konsumsi makanan pedas, dan makanan yang mengandung lemak tinggi. Untuk meredakannya, kamu bisa mengonsumsi obat resep dari dokter.

Selain mengonsumsi obat, kamu juga bisa mengatasi gejala asam lambung dengan meneguk minuman tertentu. Beberapa minuman bisa menyeimbangkan pH tubuh, serta mengurangi kadar asam pada perut.

Bagi kalian yang memiliki penyakit Asam Lambung, maka sangat disarankan untuk memilih minuman yang aman bagi kesehatan Lambung. Namun, tahukan kalian bahwa ada minuman yang mampu meredakan gejala Asam Lambung lho.

Mau tahu apa saja jenis minumannya, berikut Suara.com rangkum untuk Anda

1. Teh herbal

Jenis minuman pertama yang baik dikonsumsi untuk meredakan asam lambung naik yaitu teh herbal. Teh herbal dapat membantu meningkatkan kinerja sistem pencernaan sehingga dapat meredakan rasa mual dan perut begah.

Perlu dicatat bahwa tidak semua teh herbal boleh dikonsumsi. Kamu bisa memilih jenis teh herbal yang bebas kafein, seperti teh chamomile dan licorice.

Teh licorice alias akar manis bermanfaat untuk meningkatkan lapisan lendir di esofagus sehingga terlindungi dari iritasi akibat asam lambung. Sedangkan teh chamomile tinggi polifenol yaitu antioksidan yang bisa menghilangkan radikal bebas dari dalam tubuh, sehingga bisa menenangkan luka peradangan yang terjadi di lambung.

2. Air kelapa

Air kelapa merupakan minuman lainnya yang bisa mengatasi naiknya asam lambung sehingga baik dikonsumsi. Air kelapa mengandung kalium yang bermanfaat dalam menjaga keseimbangan pH dalam tubuh.

Dengan begitu, produksi kadar asam lambung menjadi lebih terkendali sehingga mengurangi risiko.

3. Jus lidah buaya

Sebuah penelitian pada tahun 2015 yang dipublikasikan dalam Journal of Traditional Chinese Medicine menemukan, jus lidah buaya murni dapat menjadi pengobatan yang aman, dan efektif untuk mengurangi gejala asam lambung.

Dalam studi tersebut juga disebutkan, konsumsi jus lidah buaya murni dapat meredakan gejala naiknya asam lambung tanpa efek samping tertentu.

Bahkan, dalam beberapa kasus, minuman ini lebih manjur ketimbang jenis pengobatan tradisional lainnya. Para peneliti menyimpulkan, jus lidah buaya bekerja dengan cara mengurangi produksi asam yang berlebih, dan bekerja sebagai agen anti-inflamasi.

4. Air putih

Kandungan pH yang terkandung dalam air putih tergolong netral (7,0), sehingga merupakan minuman paling aman untuk dikonsumsi bagi penderita asam lambung naik, sehingga bisa meningkatkan pH dari makanan asam.

Sebuah penelitian oleh Felice Schnoll-Sussman, MD, ahli gastroenterologi di New York Presbyterian Hospital menyatakan bahwa minum air putih dapat meredakan gejala asam lambung naik, atau bahkan GERD.

Mengonsumsi air putih dapat membuat kadar asam lambung yang naik menjadi berkurang.

5. Susu rendah lemak dan susu nabati

Susu sapi rendah lemak dan susu skim menjadi salah satu minuman yang mampu mengatasi asam lambung. Jika kamu ingin tetap minum, maka pilihlah susu rendah lemak atau susu skim agar lebih mudah dicerna serta aman menahan kenaikan asam lambung.

Selain itu, kamu juga bisa mengonsumsi susu nabati. Jenis susu nabati yang bisa kamu pilih antara lain susu kedelai, susu almond, dan susu kacang mede.

Nah, kini tinggal pilih mana yang kamu suka. Susu almond, misalnya, mengandung sifat basa yang membantu menetralkan cairan asam lambung.

Sementara itu, susu kedelai dinilai sebagai minuman untuk asam lambung yang paling aman. Pasalnya, susu kedelai mengandung lebih sedikit lemak dibandingkan jenis susu lainnya, sehingga dapat mencegah naiknya asam lambung.

6. Wedang jahe

Jahe mampu menghambat asam dan menekan bakteri Helicobacter Pylori yang memicu munculnya gejala asam lambung. Cara yang paling umum untuk menyajikannya yaitu menyeduh jahe menjadi teh atau wedang dengan ditambah sedikit madu.

Untuk mendapatkan manfaatnya, kamu disarankan untuk mengonsumsinya secara rutin.

7. Yogurt

Yogurt mengandung probiotik, sehingga bisa menjadi pilihan minuman yang aman untuk mengatasi peningkatan asam lambung. Hal ini dikarenakan yogurt dapat menenangkan usus dan menghindari gejala asam lambung.

Kamu bisa mengonsumsinya dalam bentuk encer atau beku. Selain itu, juga dibolehkan untuk menambahkan buah-buahan yang aman dikonsumsi untuk asam lambung, seperti alpukat.

Itulah beberapa rekomendasi jenis minuman yang dapat meredakan asam lambung naik. Perlu diingat juga, minuman untuk asam lambung di atas saja, mungkin belum cukup untuk mengatasi gejala asam lambung. Kamu juga perlu menerapkan pola hidup sehat setiap hari.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Komentar
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: