Jaga Persahabatanmu Seperti Kepompong, Sebaiknya Lakukan Langkah Ini

  • Bagikan
Sahabat

PONTIANAK, insidepontianak.com – Persahabatan yang baik adalah bisa dilihat dari banyak faktor, terutama sahabat yang mau berbagi suka dan duka, layaknya kepompong.

Nah, Kamu beruntung jika memiliki persahabatan dengan orang-orang baik. Mereka selalu hadir mendukungmu, dan turut bahagia ketika dirimu berprestasi.

Akan sangat disayangkan, jika hubungan pertemanan ini harus sirna perlahan. Untuk mencegahnya, coba deh beberapa tips berikut ini yang bisa menjaga persahabatan jadi makin solid. Apa saja? Ini tips dari Suara.com, untuk Anda.

1. Jangan gampang baper

Semakin lama hubungan pertemanan yang terjalin, biasanya kalian akan semakin lepas dalam berkata-kata. Hal ini sebenarnya bisa jadi pertanda bahwa kalian telah nyaman satu sama lain.

Hindari terlalu sensitif dalam mengartikan kata-kata yang diucapkan temanmu. Selama hal itu tidak mengandung kekerasan verbal, maka anggap santai saja. Kalau gampang baper, kamu akan sulit untuk berteman, dengan siapa pun!

2. Memahami karakter masing-masing

Sebagai seorang teman yang baik, hendaknya kamu berusaha untuk memahami karakter temanmu. Menjadi peka, membuatmu mampu menjaga sikap dan mengerti alasan dari berbagai tindak-tanduknya. Selain terhindar dari menyinggung perasaannya, temanmu pun akan bersyukur, punya teman yang bisa mengerti berbagai keputusannya.

3. Jangan memendam

Namanya juga interaksi dengan manusia, pastilah sekali dua kali kamu pernah merasa tersinggung. Biasakan ketika ada yang mengganjal dalam hati, bicarakan baik-baik. Hindari memendamnya, karena justru bisa berubah jadi benci.

Dengan membicarakannya, komunikasi kalian jadi berjalan terbuka, dan meminimalkan perasaan dendam yang tersembunyi. Masing-masing dari kalian jadi bisa introspeksi diri ketika ternyata ada sikap kalian yang salah atau menyinggung hati.

4. Timbal balik

Berbuat baik memang gak boleh mengharapkan imbalan. Akan tetapi, kamu pun harus tahu diri. Jangan selalu temanmu yang memberi, kamu pun perlu melakukan timbal balik, supaya hubungan pertemanan jadi seimbang. Sehingga, kamu terhindar dari tipe teman yang hanya ingin memanfaatkan.

5. Lakukan quality time

Hubungan apa pun itu, perlu dipelihara supaya bisa awet. Begitu pula dengan pertemanan. Salah satu cara memelihara pertemanan, dengan menyediakan waktu quality time. Kamu gak harus bertemu muka, kok. Bisa dengan melakukan video call bersama-sama. Yang penting, komunikasi kalian tetap terjaga.

Nah, itu dia beberapa tips supaya hubungan persahabatanmu makin solid. Selamat mencoba!

Komentar
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: