Ketua TP PKK Sambas Ingin Pola Asuh Anak dan Remaja Terapkan Pendidikan Karakter

  • Bagikan
Sosialisasi Pola Asuh anak dan Remaja di Sambas
SOSIALISASI - Tim Penggerak PKK Kabupaten Sambas melaksanakan penyuluhan peningkatan kapasitas Pola Asuh Anak dan Remaja (PAAR) di Desa Sebagu, Kecamatan Teluk Keramat, Senin (2/8/2021). (Ist)

SAMBAS, insidepontianak.com – Tim Penggerak PKK Kabupaten Sambas gelar penyuluhan peningkatan kapasitas Pola Asuh Anak dan Remaja (PAAR) di Desa Sebagu, Kecamatan Teluk Keramat, Senin (2/8/2021). PAAR diinginkan mampu menerapkan pendidikan karakter di dalam keluarga. Agar anak tumbuh dan berkembang dengan kepribadian yang baik.

Ketua TP PKK Kabupaten Sambas, Yunisa mengatakan, pola asuh anak dan remaja tergantung kepada peran orang tua dan fungsi keluarga yang efektif dalam menerapkannya.

“PAAR merupakan program unggulan TP PKK dalam rangka meningkatkan pendidikan karakter keluarga melalui upaya peningkatan pengetahuan, sikap dan keterampilan keluarga yang penuh cinta dan kasih sayang,” kata Yunisa, kepada insidepontianak.com.

Yunisa mengatakan, PAAR memiliki tiga kegiatan pokok. Yakni, intensifikasi pendidikan karakter keluarga, peningkatan kapasitas kader, dan pengembangan instrumen.

“Masyarakat harus tahu dulu, kemudian mau dan mampu. Dengan begitu tujuan membentuk karakter anak dan remaja bisa tercapai,” katanya.

Yunisa mengatakan, pola asuh orang tua yang buruk dan cenderung menekan psikologis anak, berdampak langsung pada karakter anak. Jika itu bisa diatasi, dan orang tua paham peran masing-masing, visi-misi Satono-Rofi dalam mewujudkan Sambas Berkemajuan akan terwujud.

“Oleh karena itu, peran cinta dan kasih sayang orang tua, harus diseimbangkan dengan pendidikan karakter yang tegas dan terukur agar dapat menjadi benteng pertahanan anak saat remaja, sehingga Sambas Berkemajuan bisa diwujudkan,” pungkasnya.

Komentar
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: