alt="banner 468x60" title="banner 468x60" width="920" height="

Kubu Raya dan Sambas Zona Merah

  • Bagikan
Peta Sebaran Kenaikan Kasus Covid-19 Kabupaten/kota di Kalbar per 1 Agustus 2021
Peta Sebaran Kenaikan Kasus Covid-19 Kabupaten/kota di Kalbar per 1 Agustus 2021. (Dok Dinkes Pemprov Kalbar).

PONTIANAK, insidepontianak.com – Kabupaten Kubu Raya dan Sambas kini berstatus zona merah penyebaran Covid-19. Hal ini diketahui berdasarkan data Satgas Penanganan Covid-19 Kalimantan Barat per 1 Agustus 2021. Data ini juga memperlihatkan Ketapang berhasil keluar dari zona merah.

Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Kalimantan Barat Harisson mengatakan, peningkatan status penyebaran Covid-19 di Kubu Raya menjadi zona merah karena adanya lonjakan kasus baru, dan meningkatnya keterisian tempat tidur ruang isolasi atau Bed Occupancy Rate (BOR) di rumah sakit setempat.

“Sepekan terakhir kasus konfirmasi di Kubu Raya mencapai 281 kasus. Terbanyak kedua setelah Pontianak. Sementara jumlah pasien meninggal ada 10 orang,” kata Harisson, Selasa (03/8/2021) malam.

Tingginya penambahan kasus konfirmasi baru itu membuat keterisian tempat tidur di rumah sakit rujukan Covid-19 di Kubu Raya terus naik hingga Senin 2 Agustus 2021.

“Pada 31 Agustus mencapai, 63,75 persen, 1 Agustus 68,6 persen hingga 2 Agustus 69,66 persen,” jelasnya.

Sementara, untuk Kabupaten Sambas lebih dipengaruhi oleh meningkatnya keterisan BOR, seiring dengan bertambahkan kasus konfirmasi baru dari hari ke hari.

“BOR yang tinggi itu menunjukkan bahwa sebenarnya kasus konfirmasi juga pasti tinggi,” jelasnya.

Sementara 11 wilayah di Kalbar lainnya selain Sambas dan Kubu raya, masih berstatus zona oranye. Tersisa hanya Kapuas Hulu yang masih zona kuning.

Komentar
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: