Susah BAB, Ini 5 Rekomendasi Camilan Tinggi Serat

  • Bagikan
Kacang-kacangan
Kacang-kacangan

PONTIANAK, insidepontianak.com – Sangat tidak enak bukan jika ingin buang air besar (BAB) tapi susah. Susah buang air besar ini bisa berakibat Sembelit.

Sembelit adalah keadaan di mana seseorang buang air besar kurang dari waktu yang dianjurkan. Misalnya, hanya seminggu sekali. Hal tersebut dapat memperburuk sistem pencernaan karena kotoran yang menumpuk pada usus.

Oleh karenanya, guna menghindari sembelit, kamu perlu rutin dalam memenuhi kebutuhan serat. Contohnya, dengan 5 camilan di bawah ini. Berikut Suara.com, merangkumnya untuk Anda.

1. Kacang-kacangan

Kacang seringkali dihindari karena dianggap dapat memicu tumbuhnya jerawat pada wajah. Padahal, banyak jenisnya yang kaya akan serat, seperti kacang merah, putih, dan hitam.

Selain itu, terdapat kandungan zat besi dan protein yang mampu memberikan energi, sehingga kamu bisa lebih semangat menjalani hari-hari. Antioksidan-nya juga berguna untuk menangkal radikal bebas pada tubuh.

Bagi kamu yang tengah diet, bisa pilih kacang-kacangan sebagai camilan. Pasalnya, ia mengandung lemak yang rendah. Jadi, bisa membantumu dalam proses penurunan berat badan.

2. Snack Gandum

Gandum dipercaya baik untuk mengurangi berat badan dan sembelit karena kandungan seratnya yang tinggi. Selain itu, ada berbagai vitamin, mineral, mangan, dan fosfor yang dapat menjauhkan dari risiko penyakit, seperti jantung.

Snack atau camilan berbahan dasar gandum ini bisa dengan mudah kamu temukan. Mulai dari warung hingga supermarket dekat tempat tinggalmu. Namun, bagi penderita penyakit celiac, kamu perlu menghindari gandum, karena dapat menyebabkan turunnya sistem kekebalan tubuh.

3. Ubi Jalar

Seringkali kulit ubi dikupas agar lebih nikmat untuk disantap. Padahal, kandungan seratnya itu terdapat pada kulitnya. Baik yang berwarna ungu, kuning, atau cokelat.

Tak hanya mengatasi sembelit, ubi jalar juga mengandung vitamin C yang berfungsi sebagai antioksidan. Jadi, sistem imun bisa ditingkatkan. Kemudian, ada beta karoten yang mampu mengurangi risiko penyakit kanker.

4. Buah-buahan

Manfaat buah-buahan untuk menjaga kesehatanmu tak perlu diragukan lagi. Contohnya, dalam mengatasi sembelit yang menyiksa. Beberapa buah yang tinggi akan kandungan seratnya antara lain, pir, bit, apel, dan pisang. Keempatnya juga cocok untuk dijadikan menu harian bagi kamu yang tengah diet.

5. Jagung

Tahukah kamu bahwa satu buah jagung mengandung 2 gram serat? Oleh karena itu, bisa kamu gunakan untuk mengatasi sembelit. Lalu, jagung juga dapat memenuhi kebutuhan karbohidratmu. Jadi, camilan satu ini bisa cukup mengenyangkan.

Nah, dari kelima camilan berserat tinggi diatas, apakah ada yang menjadi favoritmu?

Komentar
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: