TNI Bengkayang Siap Cegah Karhutla

  • Bagikan
Komandan Rayon Bengkayang (Koramil 01) Kapten Infanteri Asnawi Kunto
Komandan Rayon Bengkayang (Koramil 01) Kapten Infanteri Asnawi Kunto

BENGKAYANG, insidepontianak.com – TNI Koramil 01 Bengkayang Kodim 1202 Singkawang telah bersiap siaga melakukan pencegahan dan penanggulangan kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) di saat musim buka ladang tiba.

Komandan Rayon Bengkayang (Koramil 01) Kapten Infanteri Asnawi Kunto mengatakan pihaknya memahami pembakaran lahan dan ladang yang dilakukan masyarakat harus sesuai dengan SOP atau prosedur yang telah di anjurkan oleh pemerintah daerah.

“Melihat hal tersebut kini mulai merebak, pihak TNI sudah bersiap siaga,” ujarnya, Selasa (3/8/2021).

Sebagai langkah dan upaya mengantisipasi Karhutla tersebut. Ia mengajak semua pihak tetap berkolaborasi dalam pencegahan baik masyarakat dan stakeholder lainnya.

Kapten Infanteri itu juga mengimbau kepada masyarakat tetap mengikuti prosedur ketika akan membakar lahan.

Namun, luas tidak lebih dari dua hektare, dan sebelum membakar ladang tetap dalam koordinasi ke pihak pemerintah mulai dari tingkat RT hingga tingkat desa.

“Saya rasa sejauh ini, para petani sudah hampir paham akan aturan. Semoga dilakukan dengan disiplin,” terangnya.

Ia menambahkan, saat ini kasus Karhutla di Kabupaten saat ini menjadi atensi pemerintah setempat, terlepas dari musim ladang dan musim kemarau.

Beberapa Minggu lalu jumlah hotspot di Kabupaten Bengkayang sempat terdapat 50 titik. Namun, jumlah tersebut berangsur berkurang karena dalan beberapa terakhir ada curah hujan.

Komentar
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: