Dinkes Bengkayang Rencanakan Pelatihan Pemulasaran Jenazah Covid-19 Bagi Nakes

  • Bagikan
Petugas melakukan penguburan pasien Covid-19
Petugas melakukan penguburan pasien Covid-19

BENGKAYANG, insidepontianak.com – Pemerintah Kabupaten Bengkayang berencana akan melakukan pelatihan pemulasaran jenazah Covid-19 bagi tenaga kesehatan atau nakes di Kabupaten Bengkayang.

Plt Kadinkes Kabupaten Bengkayang, I Made Putra mengatakan, ini dilakukan guna memberikan pemahaman dan edukasi terkait pemulasaraan jenazah Covid-19.

Made menyebut hingga sampai saat ini, pihaknya baik di dinas maupun puskesmas, belum pernah mendapat pelatihan pemulasaran jenazah Covid-19.

“Ke depan kita akan rencanakan pelatihan pemulasaran jenazah Covid-19 tersebut,” terangnya, Rabu (4/8/2021).

Dirinya mengungkapkan, dirinya sudah mengusulkan untuk melakukan secara mandiri. Namun, belum bisa terealisasi. Mungkin dalam waktu dekat dapat terlaksana, sehingga seluruh petugas di setiap Puskesmas dilatih untuk pemulasaraan jenazah Covid-19, sesuai SOP dan prosedur yang benar.

Diakuinya, Pemkab tidak menganggarkan dana untuk pemulasaraan jenazah Covid-19. Melainkan dianggarkan untuk insentif kesehatan yang lembur, alat kesehatan, dan barang media habis pakai.

“Saat ini, pihaknya juga lepas kontrol mengalokasikan anggaran kepemulasaraan jenazah Covid-19. Ke depan, kita akan berkolaborasi dengan pihak desa atau pemkab, untuk merealisasikan hal tersebut,” terangnya.

Diketahui, pemulasaran jenazah adalah pengelolaan atau perawatan jenazah yang mengacu pada prinsip keamanan dan keselamatan.

Ia mengingatkan, pemulasaraan jenazah Covid-19 ini yang dilakukan petugas agar jangan sampai disepelekan dan tak diindahkan.

“Sebab, akhir pemutusan rantai penyebaran Covid-19 salah satunya adalah dengan pemulasaran jenazah yang sesuai SOP dan prosedur,” ucapnya.

Komentar
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: