Ikan Cupang Kamu Sedih? Yuks Kenali Tandanya

  • Bagikan
Ikan Cupang

PONTIANAK, insidepontianak.com – Ikan Cupang menjadi salah satu ikan hias kekinian yang sedang mewabah. Selain harganya terjangkau, perawatannya pun tak sulit.

Namun, tahukah kalian bahwa memelihara kesehatan cupang menjadi faktor kunci yang perlu diperhatikan oleh setiap pemilik ikan hias yang satu ini.

banner 336x280

Pasalnya ikan ini terkenal dengan sifatnya yang mudah stres. Alih-alih ingin memeliharanya sampai usia yang matang menjadi gagal karena ikan terlebih dahulu stres dan mati. Nah, sebaiknya Anda mengetahui ciri ikan cupang sedang sedih dan mencari tahu penyebabnya.

Berikut Suara.com mengulas tentang 5 ciri ikan cupang sedang sedih yang wajib anda ketahui, mari simak!

1. Stres

Seperti yang sudah dijelaskan di atas bahwa stres merupakan salah satu faktor indikator bahwa cupang sedang tidak sehat. Apabila dibiarkan maka hasilnya adalah kematian ikan.

Salah satu contoh yang terlihat apabila ikan sedang stres adalah dengan membenturkan tubuhnya ke kaca berkali-kali, selain itu membiarkan cupang tidak kawin dalam waktu yang cukup lama juga dipercaya sebagai salah satu pemicu kematian ikan.

2. Perubahan perilaku ikan

Ciri yang kedua adalah munculnya perbedaan perilaku pada ikan hias tersebut, perubahan tersebut dapat berupa seringnya cupang mengambil oksigen ke bagian permukaan akuarium.

Hal ini dapat dipicu karena kurangnya pasokan oksigen yang ada pada akuarium, lumrahnya ikan cupang akan lebih banyak menghabiskan waktu di dalam air tetapi jika ia sering muncul ke permukaan bisa disinyalir sebagai indikator buruk.

Bahkan pada beberapa kasus didapati ikan yang justru semakin agresif, hal ini disinyalir dapat terjadi karena ikan cupang merasakan adanya ancaman di sekitarnya.

3. Menurunnya nafsu makan

Ciri selanjutnya adalah menurunnya nafsu makan, ciri ini merupakan ciri yang paling umum muncul ketika cupang akan mati. Oleh karena itu ketika anda mendapati ciri ini artinya anda diharuskan untuk menaruh perhatian lebih pada peliharaan yang anda miliki.

4. Perubahan warna pada bagian tubuh

Perubahan warna yang paling terlihat oleh mata adalah munculnya warna merah pada bagian perut cupang, hal ini dapat terjadi karena ikan cupang keracunan atau kekurangan kadar oksigen pada air

5. Turunnya tingkat respon ikan

Ciri yang terakhir adalah ikan yang kurang responsif, cupang termasuk dalam hewan yang sangat responsif terhadap gerakan yang ada di depannya. Apabila yang terjadi sebaliknya bisa jadi ini sebuah tanda bahwa hewan tersebut sedang tidak baik-baik saja.

Komentar
banner 120x600
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: