Menkeu Minta Perbankan Percepat Keluarkan Kreditnya ke Masyarakat

  • Bagikan
Menteri Keuangan
m - Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati. (Istimewa)

JAKARTA, insidepontianak.com – Menteri Keuangan, Sri Mulyani Indrawati meminta pelaku perbankan mempercepat menyalurkan kreditnya untuk masyarakat. Langkah itu penting dilakukan supaya fungsi intermediasi perbankan ke masyarakat bisa kembali berjalan.

“Kita berharap sektor keuangan akan terus secara bertahap mengembalikan fungsi intermediarsi terutama dari sisi kredit channeling,” ucap Sri Mulyani dalam webinar Like It di Jakarta, dilansir dari Suara.com, Selasa kemarin.

Dia menyebutkan, fungsi intermediasi yang berjalan mampu memulihkan ekonomi karena menyebabkan perputaran uang yang semakin cepat.

Menurutnya, saat ini perputaran uang hanya dari sisi pemerintah melalui APBN. Kondisi ini dapat dimengerti, karena masih selektifnya perbankan dalam memberikan kredit karena resiko gagal bayar yang tinggi di tengah pandemi Covid-19.

Di sisi lain, pemerintah tidak akan bisa menjalankan fungsi perputaran uang sendirian, meskipun anggaran program pemulihan ekonomi nasional ditambah menjadi Rp 744,75 triliun.

“Dan ini berarti kredit growth kita negatif, akan sangat sulit memulihkan ekonomi sebelum sektor keuangan memulihkan kredit growth-nya,” ucap dia.

Apalagi kata dia pandemi telah mendisrupsi berbagai hal, termasuk sektor keuangan, yakni banyak masyarakat melakukan penyimpanan dana terutama yang tabungannya di atas Rp100 juta.

Penyimpanan dana oleh masyarakat dengan tabungan di atas Rp100 juta meningkat lebih banyak dibandingkan masyarakat dengan tabungan di bawah Rp100 juta yang terus menurun.

Komentar
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: