Optimalisasi Posko Terpadu Cegah Karhutla di Pontianak

  • Bagikan
Posko terpadu untuk mengawasi jika terjadi Karhutla di Kota Pontianak
Posko terpadu untuk mengawasi jika terjadi Karhutla di Kota Pontianak. Ist

PONTIANAK, insidepontianak.com – Salah satu langkah pencegahan terjadinya kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di Kota Pontianak adalah dengan pengoptimalan posko terpadu.

Ini diungkapkan Komandan Kodim (Dandim) 1207/BS Pontianak, Kolonel Inf Jajang Kurniawan, Rabu (4/8/2021)

“Pemerintah Kota Pontianak membangun posko terpadu. Tujuannya memantau area hutan dan lahan yang masih sering terbakar,” katanya.

Ia mengungkapkan, sebagai upaya antisipasi karhutla, pihaknya mengoptimalkan posko terpadu sebagai sarana pengendalian. Bersama masyarakat dan yayasan pemadam kebakaran, pihaknya mengorganisir secara terpadu dalam penanganan karhutla.

“Sehingga lebih efektif, efisien dan tepat sasaran,” terangnya.

Sementara untuk pengawasan di lapangan, Babinsa bekerjasama dengan relawan yang ada termasuk yayasan pemadam kebakaran, kelurahan, RT dan RW mendeteksi dini karhutla di wilayahnya masing-masing.

“Apabila eskalasi semakin meningkat maka akan ada peningkatan jumlah personil lebih lanjut,” ucapnya.

Tidak hanya itu, sebelumnya Wali Kota Pontianak Edi Rusdi Kamtono meminta para camat dan lurah untuk proaktif memantau lokasi yang rawan kebakaran.

“Itu arahan pak wali, nanti anggota kita akan terus melakukan koordinasi agar tidak ada titik api yang terpantau,” ujarnya.

Ia pun mengimbau masyarakat untuk tidak membakar lahan untuk pembukaan area baru. Saat ini, kata Dandim, aturan mengikat akan diberlakukan kepada siapapun warga yang melanggar kebijakan tersebut.

“Maka kita ingatkan warga untuk taat aturan, patuhi jangan membuat kebakaran di tengah pandemi ini,” ucapnya.

Komentar
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: