Sulit Nabung? Ini Tips Mudah Menabung Bagi Pemula

  • Bagikan

PONTIANAK, insidepontianak.com – Siapa sih yang tidak mau menyimpan uang untuk masa depan dan bisa berguna dikemudian hari?. Nah, menabung harus menjadi kebiasaan sejak sekarang tapi tidak semua orang memiliki pemahaman yang sama.

Ada orang yang memiliki mindset menabung sulit untuk dilakukan dengan berbagai alasan. Namun, hal itu harus menjadi kebiasaan sejak dini dan terus menerus kamu lakukan.

Kamu bisa memulai kebiasaan menabung dengan nominal yang kecil dahulu, sesuaikan dengan pendapatan yang kamu peroleh.

Membangun kebiasaan menabung secara rutin memang bukanlah hal yang mudah, namun jika kamu memiliki niat kuat untuk bisa menabung dan berusaha mempraktikkannya, kamu akan mendapatkannya.

Beberapa hal yang harus kamu ingat agar kebiasaan menabungmu dapat berhasil. Suara.com merangkum ini untuk Anda yang pemula, di antaranya:

1. Miliki tujuan yang ingin kamu wujudkan dengan menabung

Kamu perlu menentukan tujuan menabungmu, untuk apa kamu menabung. Memiliki tujuan yang selalu kamu pegang erat akan membantu kamu konsisten dalam menabung.

2. Pikirkan masa depan

Kamu harus menyadari bahwa masa depan kamu adalah sesuatu yang penting untuk kamu rencanakan sejak dini. Milikilah kepedulian terhadap rencana hidup masa depanmu dan persiapkan sejak dini.

3. Hentikan kebiasaan berhutang

Jangan terlalu sering berhutang, hal tersebut dapat menjadi kebiasaan yang nantinya akan sulit kamu rubah. Maka dari itu hindari kebiasaan berhutang dan mulai menabung.

Gunakan prinsip bahwa kamu dapat memiliki sesuatu apabila kamu telah punya uang dan dapat membelinya dari uangmu sendiri. Jika kamu saat ini terlanjur berhutang, maka segera lunasi hutang-hutangmu dan rubahlah mindset untuk menjauhi hutang-berhutang.

4. Kendalikan gaya hidupmu

Seringkali kita gagal menabung karena memiliki gaya hidup yang tinggi. Gaya hidup yang tidak sesuai dapat membuatmu kesulitan untuk bisa menabung. Kita harus mengatur sedemikian rupa agar pengeluaran kita tidak lebih dari pemasukan.

Jangan sampai terlalu mudah mengikuti tren yang dapat menguras kantongmu. Aturlah pengeluaranmu agar tetap bisa menabung. Buat daftar belanjaan agar tidak kebanyakan belanja.

5. Tumbuhkan motivasi

Bisa jadi kegagalan menabungmu disebabkan karena kurangnya motivasi di dalam diri. Kamu perlu memegang selalu tujuan menabungmu agar tetap termotivasi dalam menabung.

Tetap mengendalikan pengeluaran kita adalah hal yang penting agar uang yang sudah berhasil kita tabung tidak ludes begitu saja ketika kita membelanjakannya.

Buat kategori dana tabunganmu agar kamu bisa mengaturnya dengan baik, seperti menetapkan uang tabungan untuk dana darurat, yang bisa kamu gunakan sewaktu-waktu pada saat kamu membutuhkannya.

 

Komentar
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: