dr Zaidul Akbar : “Ingin Sehat, Jangan Banyak Makan”

  • Bagikan
dr Zaidul Akbar
dr Zaidul Akbar

PONTIANAK, insidepontianak.com – Jika ingin awat muda serta sehat sepanjang masa siapa yang tidak mau. Nah berbagai cara pasti dilakukan untuk bisa mewujudkan hal itu., salah satunya mengurangi makan atau berpuasa.

Dokter sekaligus penceramah, dr Zaidul Akbar, menegaskan bahwa dalam Islam, makanan menjadi salah satu pintu pembuka setan. Pintu pembuka setan adalah terlalu banyak makan.

Sebabnya, kalau mau sehat, tips sederhana adalah mengurangi makan. Mau tidak mau, suka tidak suka, itulah caranya. Tidak boleh terlalu banyak makan.

Menurutnya, kalau mau makan, harus dipikirkan terlebih dahulu sebelum hidangannya. Apabila sudah dipikirkan matang-matang, maka makan secukupnya, tidak kekenyangan.

Makan yang terlalu kenyang, kata Zaidul Akbar, tidak akan menjadikan seseorang khusyuk dalam beribadah. Ia tidak akan tenang dalam salat dan membaca Alquran.

Zaidul Akbar menegaskan, terlalu banyak makan akan menimbulkan banyak penyakit. Sesehat apa pun makanan yang dimakan, tetapi kalau berlebihan, pasti akan menimbulkan efek tidak baik bagi tubuh.

Ia mengutip firman Allah SWT, “Makan dan minumlah, tetapi jangan berlebihan.”

Selain itu, dalam Islam, ada beberapa pedoman yang perlu diperhatikan terkait dengan makanan. Pedoman pertama adalah menyantap makanan halal. Pedoman kedua adalah baik (thayyib). Baik dalam versinya yakni makanan yang semakin sedikit pengolahannya akan lebih tepat.

Semakin segar, semakin alami, semakin sehat suatu makanan, maka akan semakin baik bagi tubuh. Makanan baik tidak banyak mengandung bahan-bahan kimiawi.

Komentar
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: