Manfaat Membuat Catatan Harian, Lebih Produktif hingga Teratur

  • Bagikan
Catatan harian sangat penting untuk aktivitas keseharian
Catatan harian sangat penting untuk aktivitas keseharian

PONTIANAK, insidepontianak.com – Mencatat apa yang akan dilakukan sehari-hari bisa menjadi penting tapi tidak mesti dilakukan. Buat kamu yang sulit mengatur waktu sebaik mungkin ada baiknya jika dicatat agar ingat dan tidak melenceng dari list harian kamu.

Dalam kehidupan sehari-hari, ada berapa aktivitas yang biasanya kamu lakukan? Pasti kamu tidak hanya melakukan satu aktivitas saja, namun beberapa aktivitas sekaligus. Hal ini tentunya membuat kamu harus bisa mengatur waktu sebaik mungkin agar semua aktivitas dapat berjalan dengan baik.

Salah satu hal yang bisa membantumu agar dapat mengatur dan tidak lupa dengan deretan aktivitasmu adalah dengan membuat suatu jadwal keseharian atau biasanya disebut dengan to do list.

To do list diartikan sebagai catatan singkat yang berisi jadwal yang akan kamu lakukan setiap harinya. Agar lebih mudah dan rinci, pembuatan to do list ini bisa dilakukan setiap hari. Lantas, apa saja manfaat dari to do list?

1. Agar kamu ingat terhadap kegiatan kamu

Perlu diketahui, bahwa kemampuan mengingat pada setiap orang itu berbeda-beda. Mungkin ketika kamu sedang fokus untuk mengerjakan sesuatu, kamu jadi lupa akan aktivitas lain yang tidak kalah pentingnya. Hal ini tentu akan sangat merugikan kamu.

Namun, dengan adanya to do list tentu kamu akan lebih mudah untuk mengingat semua aktivitas yang akan kamu lakukan di hari itu, sebab kamu sudah mencatatnya dengan rapi dan urut.

2. Semangat makin meningkat

Entah kamu sadari atau tidak, dengan membuat to do list biasanya akan membuat kamu makin bersemangat untuk menjalani hari-hari tersebut. Hal ini dikarenakan kamu mengetahui kegiatan apa saja yang akan kamu lakukan selama hari itu.

Kamu pun mulai menyusun rangkaian aktivitasmu dengan baik, menyesuaikannya agar satu aktivitas dengan aktivitas yang lainnya tidak bertabrakan.

3. Kamu bisa lebih produktif

Dengan membuat to do list kamu bisa melakukan beberapa aktivitas yang lebih produktif. Kamu bisa menyesuaikan aktivitas mana yang penting untuk kamu lakukan dan mana yang hanya akan membuang-buang waktu. Sehingga kamu hanya memiliki kegiatan yang produktif setiap harinya.

4. Jadwal jadi lebih teratur

To do list bisa membuat jadwalmu lebih teratur, mulai dari pagi hari setelah bangun tidur, hingga malam hari saat akan istirahat. Dengan begitu, kamu bisa lebih mudah dalam menjalankan berbagai aktivitas.

5. Belajar bagaimana manajemen waktu

Dengan menuliskan berbagai kegiatan yang akan kamu lakukan, apalagi dilengkapi waktu yang rinci, tentu saja hal tersebut mampu membuat kamu untuk belajar mengenai manajemen waktu dengan lebih baik lagi. Hal ini karena kamu sendiri yang bisa mengatur waktu tersebut dengan menyesuaikan kebutuhanmu.

6. Membantu mengurangi stres

Dengan membuat to do list, tentu kamu akan lebih mudah untuk bisa menyelesaikan pekerjaan kamu secara lebih cepat dan tepat waktu. Sehingga kamu tidak akan merasa dikejar-kejar terus oleh deadline.

Dengan begitu, kamu bisa hidup dengan lebih tenang dan nyaman yang tentunya bisa membuat kamu terhindar dari stres.

Banyak sekali manfaat yang bisa kamu dapatkan dengan membuat to do list di keseharian kamu. Hidup tentunya akan terasa lebih teratur ketika kamu bisa menyusun sendiri jadwal keseharianmu dengan sebaik mungkin. Dengan begitu, kamu akan lebih mudah untuk menyelesaikan segala jenis pekerjaan maupun kegiatan yang ada.

Komentar
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: