Anda Super Sibuk, Ini Tips Managemen Waktu Tanpa Ribet

  • Bagikan
Ilustrasi jam alerm
Ilustrasi jam alerm

PONTIANAK, insidepontianak.com – Bagi kalian yang tak hanya sibuk, tapi super sibuk  bekerja dan juga harus mengurus rumah pastinya memanfaatkan waktu sebaik-baiknya adalah suatu hal wajib.

Disinilah manajemen waktu bermanfaat dan menjadi penting bagi kalian yang memiliki kesibukan padat, waktu pun diatur dengan pas dan tepat.

Manajemen waktu merupakan suatu upaya upaya untuk mengorganisasikan, mengontrol, merencanakan serta mengatur waktu yang akan digunakan untuk melakukan kegiatan tertentu secara efektif untuk mencapai suatu tujuan.

Jadi dengan adanya manajemen waktu yang baik, Anda akan lebih menghargai waktu sehingga Anda dapat melakukan pekerjaan secara efektif dan efisien, serta dapat mencapai target yang telah ditetapkan.

Jika anda ingin membuat perubahan nyata dalam hidup anda, anda harus terlebih dahulu belajar bagaimana efisien mengelola waktu anda. Siapa pun yang mengetahui bagaimana mengelola waktu, juga mengetahui bagaimana mengelola hidup.

Manajemen waktu yang baik adalah tentang prioritas yang tepat, baru setelah itu terciptanya manajemen yang tepat untuk hidup Anda. Kualitas hidup anda tergantung pada manajemen yang cerdas dari waktu anda dan bukan oleh jumlah energi yang anda konsumsi pada apa yang anda lakukan.

Berikut Suara.com merangkum 5 tips manajemen waktu yang diterapkan, yaitu:

1. Manage diri Anda

Tips pertama yang harus Anda lakukan adalah atur diri Anda. Kelola diri Anda dapat dilakukan dengan hal kecil terlebih dahulu dengan memanfaatkan kalender Anda untuk manajemen waktu Anda dalam jangka panjang.

Sebagai contoh dalam sebuah bisnis Anda pada suatu proyek yang sedang Anda kerjakan, Anda dapat menulis tanggal waktu untuk proyek Anda, serta tugas-tugas yang harus diselesaikan pada proyek tersebut. Seperti dengan membuat jadwal meeting untuk membahas tentang laporan keuangan kantor.

2. Rencanakan ke depan

Tips yang kedua adalah sebaiknya untuk memulai perencanaan ke depan, Anda dapat memikirkan dan mencatat terlebih dahulu kegiatan-kegiatan apa saja yang terpenting yang mau Anda lakukan dihari ini dan mulailah hari Anda dengan buah pemikiran atau gagasan yang pasti.

3. Tetapkan tujuan dengan seksama

Tips manajemen waktu yang ketiga adalah dengan menetapkan tujuan dengan benar. Tetapkanlah tujuan Anda yang dapat dicapai.

4. Bijaklah dalam mengutamakan tugas

Tips yang selanjutnya yaitu utamakanlah tugas-tugas Anda berdasarkan kepentingan dan urgensi.

5. Berikan deadline untuk sebuah tugas

Tips Yang terakhir ini adalah dengan memberikan deadline untuk setiap tugas Anda karena dengan hal itu akan membuat Anda lebih fokus dalam mengerjakan tugas yang akan Anda lakukan.

Pentingnya melakukan manajemen waktu dapat menciptakan seluruh pekerjaan yang dilakukan dapat terselesaikan dengan baik termasuk sebuah bisnis yang sedang Anda jalankan saat ini.

Pebisnis yang sukses adalah pebisnis yang disiplin baik waktu maupun disiplin lainnya. Namun selain disiplin yang baik, disiplin dalam pengelolaan keuangan yang baik juga tidak kalah pentingnya dalam berbisnis.

Komentar
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: