Hindari 8 Makanan dan Minuman Ini Bagi Kalian yang Punya Gigi Sensitif

  • Bagikan

PONTIANAK, insidepontianak.com – Merawat gigi enam bulan sekali harus dilakukan untuk menghindari gigi bermasalah yang berujung sakit gigi. Nah, bagaimana jika gigi sensitif yang pastinya butuh perawatan ekstra dari gigi biasa.

Punya gigi sensitif memang tidak menyenangkan dan menjadi salah satu hal yang harus dihindari oleh semua orang. Gigi sensitif bisa terjadi sementara atau permanen kepada setiap orang.

banner 336x280

Biasanya kamu yang punya gigi sensitif akan menggunakan pasta gigi khusus untuk meredakan gigi yang terasa ngilu. Ada juga yang membawanya ke dokter.

Selain es, beberapa makanan dan minuman juga bisa jadi penyebab terjadinya gigi sensitif lho, sehingga sebisa mungkin harus kamu hindari. Makanan dan minuman apa saja itu? Berikut Suara.com merangkumnya untuk Anda

1. Makanan atau minuman dingin

Makanan dan minuman dingin cenderung mampu menyebabkan gigi akan terasa ngilu. Hal ini disebabkan karena gigi sensitif tidak memiliki lapisan enamel atau lapisan terluar gigi yang fungsinya untuk melindungi gigi.

Apalagi tekstur es batu yang keras juga bisa merusak gigi. Hal ini mampu membuat gigi makin sensitif.

2. Makanan atau minuman panas

Bukan hanya makanan dan minuman yang dingin, makanan dan minuman panas pun bisa membuat gigi kamu ngilu ketika mengonsumsinya.

Apalagi jika makanan dan minuman panas tersebut mengandung gula. Hal ini dikarenakan makanan manis juga mampu menyebabkan gigi ngilu.

3. Soda

Bahan minuman yang menyegarkan ini ternyata harus dihindari oleh pemilik gigi sensitif. Sebab soda mengandung bahan seperti gula dan asam yang mampu mengiritasi saraf gigi yang terbuka.

4. Karamel

Makanan menggugah selera yang manis ini ternyata tidak baik untuk gigi kamu. Sebab selain mengandung gula, karamel ini juga memiliki tekstur lengket dan mudah menempel pada gigi.

Makanan yang sangat manis dan lengket bisa menstimulasi saraf dalam gigi, dimana saraf ini lama-kelamaan bisa terbuka lebar.

5. Jeruk

Buah-buahan dari keluarga citrus seperti jeruk, lemon, dan jeruk nipis harus dihindari oleh pemilik gigi sensitif. Asam sitrat memang memiliki sifat akan menghancurkan gigi, terutama bagi kamu pemilik enamel gigi yang tipis.

6. Permen

Makanan manis kesukaan banyak orang ini juga mampu membuat gigi menjadi lebih ngilu. Bukan hanya manis, namun permen yang keras seperti lolipop, permen mint, maupun permen dengan tekstur lengket akan membuat gigi semakin mudah ngilu.

7. Acar

Acar sering digunakan sebagai pelengkap karena rasanya yang menyegarkan. Namun siapa sangka, kandungan cuka di dalam acar dapat membuat gigi mengalami erosi karena asam. Oleh karena itulah, acar dapat membuat gigi menjadi ngilu.

8. Apel

Buah yang disarankan dikonsumsi setiap hari karena mampu mencegah dari berbagai penyakit ini ternyata bisa menyebabkan gigi menjadi ngilu.

Hal ini dikarenakan kandungan asam yang cukup tinggi pada buah apel. Bahkan, bukan hanya itu saja, teksturnya yang keras mampu menjadi penyebab gigi ngilu.

Beberapa makanan dan minuman memang bisa menjadi penyebab gigi ngilu. Namun, bukan berarti kamu tidak bisa mengkonsumsinya. Kamu tetap bisa menikmati makanan dan minuman tersebut.

Dengan catatan, porsi yang sesuai dan sebaiknya sudah dilakukan pencegahan terlebih dahulu sebelum mengkonsumsi makanan dan minuman tersebut. Misalnya dengan menggunakan pasta gigi khusus gigi sensitif.

Hal ini dilakukan agar kamu masih tetap bisa menikmati makanan dan minuman tersebut tanpa terganggu oleh gigi ngilu.

 

Komentar
banner 120x600
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: