Mumet, Bersepeda Bisa Jadi Olahraga Santai Bikin Otak Fresh

  • Bagikan
Bersepeda

PONTIANAK, insidepontianak.com – Di tengah lalu lintas perkotaan padat, akan susah mencari olahraga outdor yang sehat, ringan dan pastinya membuat otak fresh di tengah kemumetan dan kagabutan kalian.

Namun, sobat inside jangan sedih, apalagi bimbang, mimin punya alternatif olahraga luar ruang yang bikin kalian betah dan sehat pastinya.

Yups bersepeda. Olahraga ini bisa menjadi salah satu solusi untuk menjaga kesehatan mental dan tubuh kita, terlebih lagi saat pandemi Covid-19.

Sebab pada prinsipnya, bersepeda adalah kegiatan rekreasi atau olahraga, serta menjadi salah satu moda transportasi darat.

Bersepeda dapat dilakukan dengan berbagai macam medan sesuai dengan jenis sepeda yang digunakan.

Misalnya road bikes digunakan pada medan jalan raya dan mountain bikes untuk off-road. Masih banyak lagi jenis-jenis sepeda selain disebutkan di atas.

Tulisan ini tidak membahas jenis-jenis sepeda terlalu dalam, melainkan manfaat dari kegiatan bersepeda secara rutin. Berikut Suara.com merangkum 7 manfaat kesehatan dari bersepeda secara rutin.

1. Bersepeda meningkatkan daya tahan Anda dari dalam dan luar

Berolahraga dengan sepeda setidaknya selama 30 menit sehari akan membangun daya tahan kardiovaskular dan otot Anda.

Dengan bersepeda secara konsisten, Anda akan melihat peningkatan kapasitas aerobik. Hal itu memungkinkan Anda untuk bersepeda lebih lama di perjalanan yang lebih intens.

Anda mungkin juga merasakan energi yang lebih tinggi sepanjang hari, karena bersepeda membantu meningkatkan stamina Anda secara keseluruhan.

2. Bersepeda melatih keseimbangan Anda

Kita semua tahu, sepeda bisa sedikit goyah saat Anda mulai dan berhenti. Mengendarai sepeda luar ruangan membantu Anda melatih keseimbangan dan kesadaran spasial.

Tidak hanya itu, menyetabilkan sepeda dapat memperkuat lengan, inti, dan kaki Anda. Jika Anda berolahraga dengan sepeda stasioner, naik dari sadel membantu melatih otot-otot stabilizer di kaki Anda, yang membantu mengembangkan keseimbangan yang lebih baik dalam sehari-hari.

3. Bersepeda dapat menjadi latihan kekuatan dan kardio dalam satu paket

Baik dengan sepeda stasioner maupun rute luar ruangan dengan ketinggian bervariasi, Anda akan mendapatkan perpaduan antara sprint cepat dan mendaki bukit yang kuat. Hal itu melatih tubuh Anda secara aerobik dan anaerobik.

Kendarai sadel menggunakan daya tahan tinggi. Dengan begitu, Anda akan merasakan peningkatan kekuatan mulai dari inti hingga betis.

4. Bersepeda berdampak baik bagi kesehatan Anda

Berolahraga dengan sepeda melepaskan endorfin, bahan kimia yang dapat membuat Anda stres. Dengan bersepeda, Anda bisa menghasilkan perasaan positif di otak dan tubuh. Jadi, jika Anda mengalami hari yang berat, bersepeda dapat menjadi salah satu solusi meningkatkan mood.

5. Bersepeda mencegah penyakit diabetes

Diabetes tipe 2 merupakan masalah kesehatan masyarakat yang serius. Kurangnya aktivitas fisik dianggap sebagai alasan utama mengapa orang terjebak dalam kondisi ini.

Penelitian skala besar di Finlandia menemukan bahwa orang yang bersepeda lebih dari 30 menit per hari memiliki risiko 40 persen lebih rendah terkena diabetes.

6. Bersepeda dapat mengurangi berat badan dan mencegah obesitas

Bersepeda adalah cara yang baik untuk mengontrol atau mengurangi berat badan. Hal ini dapat dicapai dengan meningkatkan tingkat metabolisme Anda, membangun otot dan membakar lemak tubuh.

Jika Anda mencoba menurunkan berat badan, bersepeda harus dikombinasikan dengan rencana makan yang sehat. Bersepeda adalah bentuk latihan yang nyaman dan Anda dapat mengubah waktu dan intensitas.

Tentunya, latihan dapat dibangun secara perlahan dan bervariasi, sesuai dengan kemampuan Anda. Penelitian menyarankan, Anda harus membakar setidaknya 8.400 kilojoule (sekitar 2.000 kalori) seminggu melalui olahraga.

Bersepeda yang stabil membakar sekitar 1.200 kilojoule (sekitar 300 kalori) per jam. Jika Anda bersepeda dua kali sehari, kilojoule yang terbakar akan segera bertambah. Penelitian di Inggris menunjukkan bahwa bersepeda setengah jam setiap hari akan membakar hampir lima kilogram lemak selama setahun.

7. Low-impact kardio seperti bersepeda dapat meningkatkan kekuatan lutut Anda

Berlawanan dengan lari atau latihan plyometric, bersepeda membuat kardio Anda dilakukan dengan cara yang berdampak rendah. Pedal dan resistensi menghilangkan tekanan dari lutut dan pinggul Anda, sehingga dapat fokus untuk membangun kekuatan otot.

Itu tadi merupakan 7 manfaat yang akan Anda dapatkan apabila bersepeda secara rutin. Semoga tulisan ini dapat membantu Anda dalam menggunakan waktu luang untuk meningkatkan kesehatan di masa pandemi.

 

Komentar
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: