Peladang di Bengkayang Minta Petugas Tak Sembarang Siram Lahan Pertanian Lewat Udara

  • Bagikan
Pinang, salah seorang peladang di Kabupaten Bengkayang
Pinang, salah seorang peladang di Kabupaten Bengkayang yang protes penyiraman yang dilakukan oleh pemerintah. Ist

BENGKAYANG, insidepontianak.com – Masyarakat peladang Kabupaten Bengkayang mengaku resah akhir-akhir ini. Pasalnya, aksi penyiraman lewat udara mengunakan helikopter saat pembukaan lahan untuk keperluan pertanian terus terjadi.

Padahal menurut sejumlah masyarakat peladang, penyiraman lewat udara tak semestinya dilakukan. Sebab, para peladang rata-rata sudah paham aturan pembukaan lahan sejak aturan dibuat pemerintah yang tidak lebih diatas dua hektare.

banner 336x280

Pinang, salah seorang peladang Desa Sekaru, Kabupaten Bengkayang mengungkapkan, dirinya menyesalkan kejadian tersebut.

Ia mengaku, para peladang membakar lahannya sesuai SOP dan prosedur yang dianjurkan dan diperbolehkan dalam aturan untuk persiapan bertani.

“Penyiraman lewat udara cukup membuat resah kami, sebagai peladang. Pasalnya, penyiraman tersebut dilakukan saat pembakaran ladang sedang berlangsung. Lokasi yang kami bakar tak sampai dua hektare,” ungkap Pinang, Jumat (6/8/2021).

Alhasil, akibat dari penyiraman tersebut, sebagian besar lahan yang tengah dibakar peladang padam dan tak berjalan sesuai dengan mereka harapkan.

Pinang mengaku paham langkah yang dilakukan oleh petugas tersebut adalah sebagai antisipasi menangani bahaya Karhutla. Namun dikatakannya, pemerintah juga harus jeli dan peka dalam memilih titik pembakaran seperti apa yang mesti ditangani dan dilakukan penyiraman.

Dirinya tak ingin, upaya masyarakat khususnya peladang, yang sudah taat aturan dan paham akan peraturan dalam membakar lahan terkena dampak penyiraman tersebut.

Kedepan, Pinang berharap tak ada lagi penyiraman lahan pertanian lewat udara serta menuduh bahwa lahan peladang jadi sumber asap.

“Mesti dilakukan komunikasi dan koordinasi yang tepat, dari berbagai pihak,” tutupnya. (Baruna)

Komentar
banner 120x600
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: