Sering Minum Air Dingin Bikin Ginjal Rusak? Ini Faktanya

  • Bagikan
Minum air dingin faktanya tidak menyebabkan gagal ginjal
Minum air dingin faktanya tidak menyebabkan gagal ginjal

PONTIANAK, insidepontianak.com – Informasi tentang kesehatan berseliweren pastinya sering kita terima. Baik dari portal, situs hingga akun kesehatan. Namun, tidak sedikit kita mendapat informasi kesehatan yang membuat kita bingung.

Salah satunya terjadi baru-baru ini beredar di media sosial sebuah video yang mengatakan bahwa kebanyakan minum air dingin akan menyebabkan ginjal cepat rusak.

Namun, hal itu cepat-cepat dibantah oleh dr. Farhan Zubedi melalui video Tiktok yang diposting langsung melalui akun pribadinya.

Tak sedikit pula yang beranggapan bahwa mengonsumsi air dingin, terlebih apabila menjadi kebiasaan akan berdampak negatif bagi kesehatan dan akan membahayakan kesehatan organ, seperti ginjal, jantung, hingga dapat menyebabkan batuk dan sulit untuk mencerna makanan.

Namun, berdasarkan apa yang dijelaskan oleh dr. Fahran Subedi pada videonya, sesungguhnya pada badan manusia memiliki Termoregulasi atau pengatur suhu tubuh inti.

Termoregulasi berfungsi untuk mengatur suhu tubuh dan organ-organ dalam suhu stabil, dan hanya bisa terganggu dalam cuaca sangat panas atau sangat dingin yang ekstrim (penyebab dari luar) yang dapat menyebabkan hipotermia dan bisa menyebabkan serangan jantung, kerusakan otak bahkan kematian.

Untuk air minum air dingin sendiri sebenarnya kalau sudah masuk ke dalam tubuh akan disesuaikan.

Untuk sampai ke ginjal air ini akan harus melalui mulut, esofagus (kerongkongan), lambung, usus halus, kemudian akan diserap oleh vena portal ginjal baru akan masuk ke dalam ginjal. sehingga saat sampai ginjal seharusnya air sudah dalam keadaan suhu yang aman untuk tubuh.

Namun disarankan juga untuk tidak terlalu sering minum air dingin, melansir dari penelitian pada tahun 2001 berjudul “Headache caused by drinking cold water is common and related to active migraine” mengatakan bahwa air dingin dapat memicu migrain.

Selain itu, dalam pengobatan barat, ada juga bukti ilmiah yang mengatakan bahwa air dingin tidak baik untuk pencernaan.

Namun, keseringan minum air dingin tidak akan merusak organ seperti apa yang disebutkan pada video yang di stitch oleh dr Farhan Subedi. Air dingin disebutkan akan lebih baik dikonsumsi pada suhu netral.

Manfaat air dingin

1. Dapat menghidrasi tubuh setelah melakukan olahraga

2. Meningkatkan metabolisme

3. Memperbaiki mood

5. Dapat melawan heat stroke

Komentar
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: