banner 468x60

Tangani Pemakaman Jenazah Covid-19 Isoman, Bupati Darwis Minta Kepala Puskesmas Koordinasi dengan Camat

  • Bagikan
Bupati Bengkayang, Sebastianus Darwis
Bupati Bengkayang, Sebastianus Darwis

BENGKAYANG, insidepontianak.com – Bupati Bengkayang, Sebastianus Darwis meminta kepala puskesmas (kapus) di setiap kecamatan berkoordinasi dan bekerjasama dengan camat terkait jenazah Covid-19 yang meninggal saat isolasi mandiri (isoman) di rumah.

“Kita perintahkan karena hingga kini di tingkat kecamatan belum adanya petugas yang menangani jenazah pasien yang meninggal isoman di rumah, ” katanya, Jumat (6/8/2021).

Bupati Darwis menyampaikan, saat ini pemakaman dan penguburan pasien Covid-19 yang isoman sudah ditangani Satpol-PP Bidang Binmas. Namun untuk wilayah kecamatan hingga saat ini belum ditangani oleh petugas secara khusus.

“Saya minta Kapus selalu bersinergi dan berkoordinasi kepada camat untuk menyikapi hal tersebut,” ungkap Bupati Darwis.

Dikatakan Darwis, pasien isolasi mandiri di rumah, dan meninggal dunia kadang membuat kegaduhan pada masyarakat. Mengenai proses pemakaman dan pemulasaran jenazah tersebut.

“Dan saat ini, tidak ada tim di kecamatan menangani ini. Ke depan kapus dan camat serta Dinkes mencari alternatifnya,” ujarnya.

Dirinya menilai, upaya yang akan dilakukan pihak Dinkes Kabupaten Bengkayang dalam melakukan pelatihan pemulasaraan jenazah Covid-19, sangat efektif.

Apalagi, hal itu mampu memenuhi kebutuhan akan pemakaman ditingkatkan kecamatan. Ini juga untuk melatih puskesmas agar siap dan mumpuni dalam kondisi tertentu.

Sebelumnya, Kabid Binmas Satpol-PP Kabupaten Bengkayang, Agustinus selalu berkoordinasi dengan pihak rumah sakit, dan selalu menunggu kabar apabila ada pasien Covid-19 yang akan dimakamkan.

“Petugas yang membidangi selalu standby, menunggu kabar pemakaman,” tutupnya. (Baruna)

Komentar
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: