Lemah dan lelah, Mungkin Anda Kurang Asupan Protein

  • Bagikan
Makanan yang mengandung Protein
Makanan yang mengandung Protein

PONTIANAK, insidepontianak.com – Komponen dari susunan zat dan kandungan dalam tubuh menjadi informasi penting ditengah pandemi yang masih mewabah ini.

Orang-orang cenderung mencari informasi seputar zat-zat nutrisi yang terkandung dalam tubuh manusia, sebuat saja Protein, Magnesium, Zinc, Karbohidrat, Zat Besi, Vitamin AB,C, D, E, K maupun kompenen lainnya.

banner 336x280

Kita tidak akan membahas satu persatu komponen nutrisi tersebut tapi salah satunya, yaitu Protein. Nutrisi satu ini merupakan merupakan komponen utama pembentuk sel dan menyediakan asam amino esensial yang membuat tubuh kita tetap aktif.

Secara alami tubuh dapat menghasilkan protein. Tetapi, pemenuhan kebutuhan protein ini juga bisa didapat dari makanan seperti telur, daging, biji-bijian, ikan, produk susu dan sebagainya

Jika tubuh kekurangan protein, kerja tubuh bisa terganggu sehingga berdampak negatif bagi kesehatan.

Berikut adalah lima tanda tubuh kekurangan protein, dilansir dari Healthline, dikutip Suara.com.

1. Tulang sering cedera

Tak hanya kalsium, tulang juga membutuhkan protein yang cukup. Ketika kita tidak mendapatkan cukup protein untuk bahan bakar organ dan otak kita, tubuh kita meminjam dari area lain, termasuk penyimpanan di jaringan otot rangka. Tanpa dukungan jaringan otot rangka yang kuat, tulang kita lebih rentan terhadap cedera seperti patah tulang dan patah.

2. Rambut dan kuku yang rapuh

Karena protein merupakan bagian penting dari rambut dan kuku, kuku Anda bisa terasa lebih lembut dan rambut bisa menjadi lebih rapuh dari waktu ke waktu. Seperti rambut yang tak lagi berkilau dan setebal dulu.

3. Kehilangan berat badan dari otot

Biasanya, jika orang tidak mendapatkan cukup protein, tubuh mereka akan memecah otot untuk mendapatkan lebih banyak. “Dan jika mereka kehilangan otot, mereka juga menyimpan simpanan lemak, sehingga komposisi tubuh mereka bisa berubah secara negatif,” kata ahli gizi Leslie Bonci.

4. Merasa lemah dan lelah

Seiring waktu, orang yang tidak mengonsumsi cukup protein mungkin merasa lebih lelah atau lesu dari biasanya. Selain berkurangnya massa otot, protein adalah komponen hemoglobin, yang ada dalam sel darah merah kita dan mengangkut oksigen ke seluruh tubuh. Kadar oksigen yang terlalu rendah dapat menyebabkan kelemahan atau sesak napas.

5. Sering masuk angin

Protein merupakan salah satu makronutrien pembangun antibodi. Sehingga jika Anda tidak memiliki cukup protein, Anda bisa memiliki sistem kekebalan yang terganggu dan mungkin lebih sering sakit ketimbang orang lain.

Komentar
banner 120x600
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: