banner 468x60

Harus Memilih? Ini Kiat Mudah Menentukan Keputusan 

  • Bagikan
Membuat keputusan
Membuat keputusan

PONTIANAK, insidepontianak.com – Saat kita dihadapkan dengan membuat pilihan, maka pertimbangan menjadi hal mendasar, biar jangan membuat pilihan atau keputusan keliru.

Dihadapkan dengan dua atau bahkan beberapa pilihan terkadang memang bisa membuat kamu sulit untuk menentukan pilihanmu sendiri. Kamu merasa ragu akankah pilihan yang diambil sebenarnya baik untuk kamu ke depannya atau malah sebaliknya.

Keraguan yang lama menumpuk dan tidak segera menemukan kepastian dampaknya juga tidak baik. Bisa-bisa kesempatan yang ada di depanmu lewat begitu saja hanya karena kamu lama untuk memutuskan sesuatu.

Oleh karena itu, di balik keraguan kamu, ada beberapa kiat yang bisa dilakukan supaya kamu bisa segera mendapatkan jawaban. Berikut Suara.com merangkumnya untuk Anda.

1. Fokus dengan tujuan

Dalam hidup ini, pastinya kamu punya beberapa tujuan yang ingin dicapai kedepannya. Biasakan untuk selalu mencatat tujuan kamu. Jadi ketika kamu lupa apa sebenarnya tujuan kamu, kamu bisa membuka lagi catatan yang telah dibuat.

Dengan begitu kamu bisa lebih fokus terhadap target-target yang ingin kamu capai dalam hidup. Ketika kamu sudah fokus, tidak akan lagi ada yang bisa membuat kamu goyah dalam mengambil keputusan.

2. Tentukan pro dan kontra setiap pilihan

Setiap pilihan yang kamu ambil pasti memiliki sisi positif dan sisi negatifnya. Maka dari itu, ketika kamu benar-benar ragu, bahkan sudah berpikir berkali-kali tapi masih belum menemukan jawabannya, kamu bisa menentukan pro dan kontra dari semua pilihan yang ada di hadapan kamu. Setelah itu, kamu bisa melihat pilihan mana yang paling menguntungkan untukmu.

3. Tidak perlu terburu-buru

Jangan jadi orang yang tergesa-gesa dalam memutuskan sesuatu. Apalagi kalau sesuatu itu sangat berdampak untuk masa depan kamu. Pilihan yang baik memang harus dipikirkan secara matang.

Walaupun kamu diberi tenggat waktu yang singkat untuk memutuskan sesuatu, namun kamu bisa memanfaatkan waktu itu dengan sebaik mungkin untuk memikirkan keputusan apa yang akan kamu ambil.

4. Ketahui kapasitas diri

Suatu keputusan yang sudah diambil bisa menemukan kegagalan. Salah satu penyebabnya adalah karena kamu tidak mengetahui kapasitas dalam diri kamu.

Coba tulis hal yang kamu kuasai dan hal yang tidak kamu kuasai. Dengan begitu kamu akan lebih paham akan kapasitas serta kemampuan yang ada dalam diri kamu.

Ketika kamu sudah paham dengan kapasitasmu sendiri, kamu berhak untuk memilih keputusan yang memang sesuai dengan diri kamu.

5. Yakin pada kemampuan

Jangan sering merasa insecure, ketika melihat orang lain yang kamu pikir lebih hebat dan lebih bisa dari kamu. Setiap orang punya kelebihan dan kekurangan masing-masing.

Kemampuan yang kamu miliki belum tentu dimiliki oleh orang lain. Oleh karena itulah, percaya diri dan terus kembangkan kemampuan apa yang kamu miliki.

6. Tidak perlu berusaha menyenangkan semua orang

Pilihan yang kamu ambil memiliki dampak untuk diri kamu, baik di masa sekarang maupun di masa depan. Tidak jarang, apa yang sudah jadi pilihan kamu bisa goyah hanya karena kamu ingin memenuhi keinginan orang lain agar orang itu puas.

Keputusan yang baik memang harus dipikirkan secara matang. Sejatinya, tidak ada keputusan yang salah, selama kamu senang dan bahagia dalam menjalankannya.

Entah itu gagal ataupun berhasil yang penting kamu sudah pernah merasakannya. Dengan begitu, perasaan kamu akan lebih lega.

Lagi pula, kegagalan hanyalah kesuksesan yang tertunda. Jadi, jangan pernah berhenti sebelum kesuksesan itu datang.

Komentar
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: