Baca Buku Sebelum Tidur Bisa Atasi Insomnia

  • Bagikan
Baca buku bisa mengurangi insomnia
Baca buku bisa mengurangi insomnia dan kesulitan tidur di malam hari

PONTIANAK, insidepontianak.com – Insomia atau kesulitan tidur pada malam hari bisa disebabkan banyak faktor. Ketika kesulitan tidur di malam hari, salah satu tips untuk mengatasinya adalah dengan membaca buku. Ternyata, saran itu ada benarnya dan telah dibuktikan secara ilmiah, lho.

Sebuah penelitian yang dilakukan di University of Sussex menemukan bahwa membaca buku favorit adalah jalan terbaik untuk membuat kita tidur nyenyakjalan terbaik untuk membuat kita tidur nyenyakjalan terbaik untuk membuat kita tidur nyenyak. Hasil riset ini mengungkap, membaca mampu mengurangi tingkat stres sebanyak 68 persen.

Pengurangan tingkat stres ini termasuk tinggi jika dibandingkan Anda melakukan cara lain, seperti seperti minum teh, mendengarkan musik, atau jalan-jalan. Demikian seperti dilansir dari Elite Daily, yang dikutip Suara.com.

Riset ini juga menemukan bahwa Anda hanya perlu membaca selama enam menit untuk secara signifikan merilekskan tubuh dan pikiran. Itu sebabnya, Anda akan merasa cepat mengantuk meski baru membaca satu atau dua halaman.

Dikatakan oleh peneliti bahwa kecenderungan mereka yang kerap kesulitan tidur saat ini justru mengalihkannya dengan bermain gadget. Padahal, gadget bisa mengganggu kualitas tidur.

Sebuah penelitian yang dilakukan tahun 2015, mahasiswa yang terlalu sibuk dengan media sosial akan merasa lelah sepanjang hari. Hasil riset ini bahkan menunjukkan bahwa kemampuan berpikir kritis mereka juga terpengaruh secara negatif.

Penelitian lain yang dilakukan pada tahun 2016 menunjukkan hasil serupa. Para peneliti menemukan bahwa mereka yang menggunakan media sosial saat berada di tempat tidur memiliki risiko yang semakin besar untuk menderita gangguan tidur.

Lalu, buku jenis apa yang sebaiknya dibaca sebelum tidur? Banyak orang menyarankan untuk membaca buku yang membosankan. Tapi, penelitian yang dilakukan perusahaan Mattres online di Inggris justru merekomendasikan untuk membaca buku yang kita sukai agar kita bisa tidur dengan nyenyak.

Komentar
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: