banner 468x60

Ingin Hemat Biaya Kegiatan Liburan? Ini 8 Tips Cerdasnya

  • Bagikan
Tips liburan hemat
Tips liburan hemat

PONTIANAK, insidepontianak.com – Di hari libur atau memiliki cuti panjang, pastinya pergi ke sejumah tempat keren akan jadi pilihan menarik.

Liburan atau wisata merupakan sebuah kegiatan yang mempunyai banyak manfaat. Misalnya mencari pengalaman baru, menghilangkan stres, menyehatkan pikiran dan sebagainya.

Namun, sayangnya aktivitas ini membutuhkan biaya tinggi. Bahkan banyak yang menyebutnya sebagai pemborosan. Meski demikian, ada beberapa cara cerdas hemat saat liburan.

Berikut Suara.com merangkumnya untuk Anda.

1. Menentukan Tujuan

Pada masa sekarang, sangat mudah mencari informasi terkait dengan obyek-obyek wisata baik di Indonesia atau luar negeri. Biayanya pun bervariasi, dari yang sangat murah hingga paling mahal.

Selain itu, ada pula destinasi yang tidak memungut tiket masuk alias gratis. Demikian pula dengan akomodasi terutama hotel, tidak sulit mencari yang tarifnya murah.

2. Menentukan Waktu Liburan

Memilih waktu liburan yang tepat dapat membuat biaya pengeluaran jadi lebih hemat. Cara terbaiknya adalah, jangan berwisata pada musim libur atau peak season karena harganya pasti lebih mahal baik untuk transportasi, hotel, dan tiket masuk obyek wisata. Jika ingin mendapat harga murah atau potongan harga, pilih masa low season atau hari biasa.

3. Memesan Tiket Jauh Hari Sebelumnya

Apabila ingin memperoleh diskon yang lebih besar lagi, khususnya hotel dan tiket perjalanan, pesan jauh hari sebelumnya. Biasanya pihak maskapai dan sarana transportasi lainnya, hingga pemilik hotel, berani mengasih diskon tinggi jika ada yang memesan sejak dini. Informasi ini juga bisa diperoleh secara mudah melalui media sosial atau situs resmi mereka.

4. Menggunakan Transportasi Umum

Naik taksi atau sewa kendaraan memang akan membuat wisatawan mudah melakukan aneka kegiatan dari obyek yang satu ke obyek yang lain. Tapi, tentu saja biayanya sangat mahal. Kalau ingin yang murah, sebaiknya menggunakan transportasi umum. Misalnya bus atau kereta api, dan pilih kelas ekonomi atau bisnis, jangan eksekutif.

5. Memilih Waktu Perjalanan

Waktu terbaik untuk melakukan perjalanan dalam kegiatan wisata adalah malam hari. Alasan utamanya agar bisa istirahat dan tidur dalam bus, kereta, atau kapal, sehingga tidak butuh hotel lagi. Kemudian setelah tiba pada pagi hari bisa langsung membersihkan diri dan pergi menuju destinasi yang ingin dikunjungi.

6. Mengajak Teman

Tak hanya membuat suasana jadi lebih semarak dan bahagia, kegiatan wisata yang dilakukan bersama teman juga dapat membuat pengeluaran jadi lebih irit. Misalnya saat harus menginap di hotel, pembayarannya bisa dilakukan secara patungan. Untuk mencapai tujuan ini, pilih hotel yang bersedia menampung banyak tamu sekaligus dalam satu kamar.

7. Saat Makan

Makan merupakan kebutuhan wisata yang cukup menghabiskan anggaran. Agar lebih hemat, pilih tempat makan di warung kaki lima atau rumah makan sederhana saja. Selain harganya murah, di tempat seperti inilah wisatawan dapat lebih mengenal penduduk lokal setempat dan bercengkrama dengan mereka.

8. Saat belanja suvenir

Jangan belanja suvenir di area dan lingkungan obyek wisata, karena dapat dipastikan harganya sangat mahal. Saat makan di warung dan bertemu dengan penduduk lokal, tanya lokasi sentra pembuatan suvenir dan barang kerajinan tersebut. Kemungkinan besar harganya lebih murah. Bahkan yang lebih menyenangkan lagi, bisa melihat langsung proses pembuatannya.

Itulah beberapa tips cerdas hemat biaya wisata atau liburan khususnya bagi mereka yang memiliki hobi berpetualang. Silahkan mencoba dan mempraktikkan.

Komentar
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: