Ketua PDKB Bengkayang Ingatkan Peladang Bakar Lahan Sesuai SOP

  • Bagikan
Ketua Pemuda Dayak Kabupaten Bengkayang (PDKB), Lipus. Rabu (11/8/2021). Baruna.
Ketua Pemuda Dayak Kabupaten Bengkayang (PDKB), Lipus. Rabu (11/8/2021). Baruna.

BENGKAYANG, insidepontianak.com – Ketua Pemuda Dayak Kabupaten Bengkayang (PDKB), Lipus meminta masyarakat peladang tetap disiplin, dan mengikuti aturan sesuai SOP. Meskipun pembakaran lahan yang dilakukan para peladang bagian kearifan lokal setempat, tapi tetap harus sesuai standar aturan yang berlaku.

Ia mengungkapkan, Perbup Bengkayang Nomor 34 Tahun 2020 tentang Tata Cara Pembukaan Lahan Pertanian Berbasis Kearifan Lokal Bagi Masyarakat Di Kabupaten Bengkayang sudah jelas dan lengkap.

Dirinya menginginkan, masyarakat peladang di Kabupaten Bengkayang jangan tak mengindahkan tata cara yang telah dianjurkan oleh pemerintah.

“Apabila perbup Nomor 34 Tahun 2020 diterapkan. Dirinya yakin persoalan pembakaran lahan dapat teratasi dengan baik,”terangnya, Rabu (11/8/2021).

Adapun pihak terkait juga turut mengawasi pihak perusahaan tatkala melakukan pembukaan lahan baru dengan membakar. Untuk diminta laporan dan melakukan pengawasan. Guna menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

Kemudian, para petugas yang hendak melakukan antisipasi Karhutla diminta berkoordinasi dengan berbagai pihak sebelum bertindak

“Guna menghindari mis komunikasi dan koordinasi, tatkala melakukan tindakan dan upaya penanganan Karhutla,” tegasnya.

Dirinya tak ingin, masyarakat peladang terkena dampak penyiraman air melalui udara oleh petugas yang hendak melakukan upaya antisipasi Karhutla.

“Semoga kedepannya, ancaman Karhutla di Kabupaten Bengkayang tidak terjadi seperti tahun-tahun sebelumnya,” tutupnya. (Baruna)

Komentar
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: