Tanaman Hias Masih di Buru Warga Pontianak di Tahun 2021

  • Bagikan
Salah satu jenis tanaman his yang populer di Kota Pontianak
Salah satu jenis tanaman his yang populer di Kota Pontianak. Ist

PONTIANAK, insidepontianak.com – Selama pandemi Covid-19, sebagian besar pelaku bisnis terdampak ekonomi, termasuk juga para penjual tanaman hias.

“Ya, sejak pandemi Covid-19 dan selama PPKM darurat jalan Sutoyo di tutup itu omzet kami sangat menurun. Selama pandemi pendapatan perhari 300-500 ribu perhari. Sedangkan sebelum pandemi bisa 1 juta perhari,” ujar Agung, salah seorang penjual tanaman hias di Jalan Sutoyo, Rabu (11/08).

Menurut Agung, para pembeli kebanyakan datang di siang dan sore hari. Beragam tanaman hias diburu pembeli. Tapi, tanaman hias yang paling banyak diminati jenis Anthurium. Biasa juga di sebut dengan Kuping Gajah.

“Karena keindahan yang dimilikinya, membuat Anthurium banyak diminati orang untuk menghias rumah,” ujarnya.

Anthurium dapat hidup di iklim tropis lembap dan tropis kering. Anthurium bisa diletakkan di tempat teduh, namun masih terkena sinar matahari, sehingga tanaman ini bisa dijadikan hiasan indoor atau penghias ruangan.

Tanaman berdaun indah ini masih berkerabat dengan sejumlah tanaman hias populer semacam Aglaonema, Philodendron, Keladi hias, dan Alokasia.

Berikut 3 tanaman hias yang masih banyak diburu di masa pandemi seperti sekarang ini:

1. Aglaonema

Aglaonema adalah salah satu spesies tanaman hias yang akrab disebut ‘Sri Rejeki’ atau Chinese Evergreen. Tanaman ini sangat baik tumbuh daerah tropis. Kepopuleran tanaman ini sedang naik karena perawatannya yang cukup mudah dan tampilannya yang cantik. Tanaman aglaonema ini cukup efektif menghilangkan polutan rumah tangga seperti formaldehida dan benzena yang ada di udara.

2. Calathea

Ciri khas Calathea adalah daunnya besar, lonjong namun ada pula jenisnya dengan daun berbentuk kipas. Hampir semua jenis Kalatea yang cocok ditanam dalam pot, tak butuh banyak cahaya. Atau juga bisa hidup dengan cahaya buatan dalam rumah, terutama semi teduh.

Cara terbaik dalam penempatannya adalah di jendela sisi timur. Pada posisi ini, ia akan memiliki cukup cahaya untuk mewarnai daun dengan benar, dan terik matahari pagi tidak terlampau menyiksanya.

Penyiraman tanaman hias yang masih banyak diburu ini sepertinya memerlukan sedikit intuisi dan ketepatan agar asupan airnya cukup. Hal itu karena penyiraman yang terlalu sedikit menyebabkan daunnya layu dan menggulung. Sedangkan, penyiraman berlebihan dapat memicu timbulnya penyakit.

3. Aglonema Butterfly

Adalah jenis tanaman hias indoor yang bisa digunakan untuk menghias meja perkantoran atau pusat perbelanjaan dan bisa juga ditempatkan diteras rumah.
Tanaman ini merupakan salah satu varietas tanaman yang paling mudah untuk beradaptasi dan tumbuh.

Selain itu tanaman ini juga bisa jadi alternative tanaman untuk di dalam ruangan. Tanaman daun ini dapat ditanam sebagai tanaman pot dengan penggunaan media tanam yang pouros serta dapat ditempatkan pada area yang teduh atau indoor.

Komentar
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: