Bahagia Mendawai : Perpustakaan Umum Pesisir Sungai Kapuas Ini, Mampu Ubah Mindset Warga Sekitar

  • Bagikan
Perpustaan Umum Bahagia Mendawai terletak di Jalan Imam Bonjol, Gang Mendawai
Perpustaan Umum Bahagia Mendawai terletak di Jalan Imam Bonjol, Gang Mendawai. Ist

PONTIANAK, insidepontianak.com – Berawal dari potensi yang ada dan kegelisahan melihat rendahnya tingkat literasi masyarakat sekitarnya, Sinta Devianti bersama teman-teman membangun perpustakaan umum di pesisir Sungai Kapuas. Tepatnya, di Jalan Imam Bonjol, Gang Mendawai.

“Melihat masyarakat di sana kurang literasinya. Sehingga kami hadirkanlah perpustakaan bersama dengan Kelurahan Bansir Laut, warga dan para relawan,” ungkap Sinta, Founder Perpustakaan Umum Bahagia Mendawai, Kamis (12/8/2021).

Ia mengungkapkan, perpustakaan ini bertujuan untuk meningkatkan minat baca masyarakat, dan di samping itu untuk membantu perekonomian warga sekitar.

Namun, sebelum ia dan teman-temannya sukses membangun perpustakaan banyak penolakan. Warga sekitar menganggap apa yang ia dan teman-temannya kerjakan tidak bermanfaat.

“Awalnya kami menyakinkan warga tentang hasil yang didapatkan setelah pembangunan Perpustakaan ini,” ujarnya.

Namun karena semangat membangun literasi yang tinggi, ia dan teman-temannya berhasil merubah mindset masyarakat yang menganggap remeh pembangunan perpustakaan tersebut.

Dan saat ini, Perpustakaan Umum Bahagia Mendawai memiliki dua gedung di Kampung Wisata Caping.

Namun pandemi yang mewabah saat ini tentunya memberikan dampak pada Perpustakaan Umum Bahagia Mendawai.

Melihat hal ini ia dan teman-temannya kembali berinovasi untuk mencari solusi. Mereka tak maau menjadikan Pandemi sebagai penghalang. Warga sekitar harus tetap dapat membaca buku.

“Bagaimana membangun itu, membaca dan aman dari Covid-19,” ucapnya.

Selain itu, pihaknya juga memiliki gerobak baca yang bertujuan untuk menjangkau masyarakat di luar dan inovasi. Ini bertujuan untuk mencegah masyarakat berkerumunan.

Selama PPKM ini kami menutup perpustakaan, namun khusus untuk masyarakat Mendawai kami tetap buka.

Banyak penghargaan untuk perpustakaan Umum Bahagia Mendawai ini. Penghargaan yang sudah kami dapat ialah, Juara II Lomba Perpustakaan Umum Kelurahan Tingkat Kota Pontianak Tahun 2019.

Juara 1 lomba Perpustakaan Umum Kelurahan Tingkat Kota Pontianak Tahun 2020. Juara II Lomba Perpustakaan Kelurahan Tingkat Provinsi Kalimantan Barat Tahun 2020. Juara 1 Lomba Perpustakaan Umum Kelurahan Tingkat Kota Pontianak Tahun 2021

Komentar
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: