Paskibraka Sanggau Persiapkan Kibarkan Bendera di HUT RI

  • Bagikan
Paskibra Kabupaten Sanggau persiapkan untuk pengibaran bendera pada HUT RI. (Istimewa)

SANGGAU, insidepontianak.com – Mengibarkan bendera merah putih seperti yang dilakukan oleh Paskibraka pada momen detik-detik proklamasi adalah dambaan banyak siswa -siswi untuk menjadi anggotanya, tak terkecuali di Kabupaten Sanggau.

Berbeda dari tahun sebelumnya yang juga mengalami pandemi saat itu, untuk seleksi anggota pengibaran bendera tahun 2021 ini diserahkan sepenuhnya kepada pihak sekolah yang memilih siapa (siswa/siswi) yang akan diutus.

Seorang Panitia Paskibraka dari Dinas Kepemudaan, Olahraga dan Parawisata Kabupaten Sanggau Fadry Saulus mengatakan, untuk seleksi sebelumnya dilakukan seleksi bagi tiap-tiap kecamatan, namun tahun ini hanya mengambil masing-masing satu dari sepuluh sekolah yang dipanggil untuk mengirimkan putra-putri terbaiknya untuk mewakili sekolahnya.

“Setelah data peserta diterima, mereka melakukan seleksi fisik dan kesehatan. Kemudian kita kumpulkan di Disporapar bersama tim pelatih kita melakukan seleksi, lalu ada yang tidak lolos seleksi kita kembalikan lagi ke sekolah bersama surat untuk mengirim ulang peserta yang lainnya,” ujarnya.

Pelatih Paskibraka Firman Sanjaya menyampaikan persiapan pengibaran saat ini sudah mencapai tujuh puluh lima persen.

“Ya, persiapannya saat ini sudah masuk tahap formasi. Kira-kira sudah tujuh puluh lima persen dari target kami. Tinggal masih tahap pemantapan aja lagi,” katanya disaat istirahat latihan.

Sanjaya sapaan akrabnya juga menambahkan, selama dikarantina pasukan paskibraka melakukan olahraga rutin dan latihan baris-berbaris.

“Sebelum ke tempat latihan mereka melakukan olahraga pagi, kemudian sarapan, lalu ada juga apel pagi ditempat karantina, dan pukul 07.30 mereka sudah mulai latihan sesi pertama,” tambahnya.

Ia melanjutkan untuk pasukan paskibraka tahun ini terdiri dari enam putra dan empat putri dengan formasi pengibaran.

“Kita untuk susunan formasi sesuai target yang diberikan oleh Disporapar yaitu sembilan untuk pengibaran bendera dan satu danton,” tutupnya. (Ril)

 

Komentar
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: