banner 468x60

Bupati Ketapang Lantik 91 Kepala Desa Terpilih

  • Bagikan
Bupati Ketapang, Martin Rantan melantik 91 kepala desa hasil pemilihan serentak. Ist
Bupati Ketapang, Martin Rantan melantik 91 kepala desa hasil pemilihan serentak. Ist

KETAPANG, insidepontianak.com – Bupati Ketapang, Martin Rantan melantik 91 kepala desa terpilih. Hal ini sesuai hasil dari pemilihan serentak tahun 2021.

Uniknya, pelantikan digelar usai menggelar upacara memperingati Hut RI ke-76. Pelantikan kepala desa terpilih ini digelar melalui 3 sesi, guna menghindari perkumpulan berlebihan dimasa pandemi Covid-19.

Bupati menyampaikan, tugas dan fungsi jabatan kepala desa terpilih cukup berat. Jabatan yang didapat tersebut adalah amanah masyarakat yang harus dipertanggungjawabkan.

“Segera setelah pelantikan ini para kepala desa harus mulai bekerja sesuai dengan tugas, kewajiban dan wewenang yang telah diamanatkan kepada saudara-saudara,” ucap Martin, Selasa (17/8/2021)

Setelah dilantik, ia menyarankan agar kepala desa terpilih segera melakukan konsolidasi dan penyelenggaran pemerintahan desa secara transparan dan akuntabel.

Selain itu, sebagai kepala desa harus meningkatkan pengetahuan dan pemahaman dalam menyelenggarakan pemerintahan, dan menjadi figur yang baik kepada masyarakat.

“Dana Desa yang dikelola harus diarahkan untuk dapat memberikan manfaat bagi desa. Di masa Covid-19, kepala desa beserta tim posko desa agar senantiasa aktif melaksanakan kegiatan penanganan Covid-19 di desa sampai ke tingkat RT,” ucapnya.

Selain itu, menurutnya, kepala desa diminta untuk meningkatkan kepekaan, kesiapsiagaan, dan kesigapan terhadap bencana dan kondisi sosial di masyarakat sekitar.

Berdasarkan UU nomor 6 tahun 2014, kepala desa harus senantiasa sejalan serta tunduk dan taat kepada peraturan dan kebijakan yang ditetapkan pemerintah daerah. Mendukung program, dan kegiatan dalam mewujudkan visi dan misi Bupati dan Wakil Bupati Ketapang, periode tahun 2021-2026 yaitu melanjutkan ketapang maju menuju masyarakat sejahtera.

Komentar
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: