banner 468x60

Hati-hati! 4 Pengeluaran Kecil Ini Bisa Bikin Sulit Nabung

  • Bagikan
Menabung untuk masa depan tapi hindari empat jenis pengeluaran kecil ini. suara.com
Menabung untuk masa depan tapi hindari empat jenis pengeluaran kecil ini. suara.com

PONTIANAK, insidepontianak.com – Jika ingin di masa tua memiliki simpanan cukup, pastinya di masa muda harus mempersiapkan hal itu sebaik mungkin. Menabung kuncinya. Menabung memiliki banyak fungsi. Terpenting, adalah untuk dana darurat.

Jadi, kalau sewaktu-waktu ada hal tak terduga dan membutuhkan biaya, kamu gak harus pusing cari pinjaman atau meminta bantuan sana-sini.

Sayangnya, gak semua orang berpenghasilan bisa menabung. Ada yang memang disebabkan gajinya hanya cukup untuk kebutuhan sehari-hari, tapi ada pula karena terlalu boros. Misalnya saja, akibat pengeluaran-pengeluaran kecil yang tanpa sadar, kalau dijumlahkan, ternyata besar.

Seperti jenis pengeluaran kecil berikut ini, yang dirangkum Suara.com untuk Anda yang butuh pengaturan dini ya.

1. Pengeluaran untuk jajan minuman

Tampak receh, tapi kalau kamu terbiasa jajan jenis minuman yang saat ini sangat beragam jenisnya, hal tersebut akan menggerus isi dompetmu.

Bukannya tak boleh membelanjakan uang untuk hal yang kamu suka, misalnya saja membeli kopi, atau minuman boba. Tapi, kalau tak dianggarkan, kamu bisa jajan berlebihan. Dampaknya gak baik untuk kantong dan kesehatan juga, lho.

2. Sering mengisi ulang dompet digital

Adanya dompet digital memang sangat membantu untuk belanja dan melakukan berbagai pembayaran lainnya. Sebaiknya, lakukan pengisian di awal gajian sesuai dengan kebutuhan yang telah kamu buat anggaran sebelumnya.

Hal ini bertujuan selain untuk menghindarimu belanja berlebihan karena praktisnya alat pembayaran, juga memotong biaya administrasi yang biasa dikenakan setiap kali kamu mengisi ulang dompet digital.

3. Self-reward

Melakukan self-reward itu penting, supaya fisik dan pikiranmu bisa istirahat setelah hampir setiap hari berkutat dengan berbagai tugas pekerjaan yang menantang. Jalan-jalan ke mal, nonton film seru di bioskop, atau kongkow cantik di kafe, adalah sebagian contoh self-reward yang biasa dilakukan di akhir pekan.

Akan tetapi, kalau kamu memang bertekad ingin punya tabungan, maka self-reward yang kamu lakukan gak boleh sampai berlebihan. Ingat, dibuat anggarannya dulu, ya!

4. Untuk beli minum

Apakah kamu termasuk yang malas membawa air minum dari rumah? Padahal, pengeluaran untuk beli air minum lumayan juga, lho, kalau dihitung-hitung. Walaupun nominalnya kecil, tapi kalau setiap hari dilakukan, besar juga. Sayang banget kan, karena sebenarnya pengeluaran ini bisa dihemat asalkan mau repot sedikit, yakni bawa air minum sendiri dari rumah.

Menabung merupakan kebiasaan baik yang penting untuk menjamin keuanganmu aman. Oleh sebab itu, coba hindari pengeluaran-pengeluaran kecil yang telah dijelaskan tadi, agar gajianmu gak selalu habis tak bersisa. Tapi, punya tabungan!

Komentar
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: