banner 468x60

Resep Ayam Kecap Super Lezat Menggugah Selera

  • Bagikan
Sajian resep ayam kecap
Sajian resep ayam kecap

PONTIANAK, insidepontianak.com – Jika bicara daging ayam, pastinya banyak sekali olahan yang bisa dibuat. Daging ayam adalah salah satu makanan yang digemari banyak orang.

Daging ayam dapat diolah jadi beragam resep masakan rumahan, salah satunya yaitu ayam kecap. Berikut ini resep ayam kecap khas rumahan yang super lezat.

Selain menawarkan cita rasa yang super lezat, mengonsumsi daging ayam juga membantu dalam menjaga asupan protein dalam tubuh.

Meski demikian, jangan terlalu berlebihan mengkonsumsi daging ayam karena akan berdampak kurang baik bagi kesehatan.

Proses pembuatan menu daging ayam kecap terbilang mudah. Selain itu, bahan-bahannya juga gampang ditemukan. Kamu bisa mencoba segera mencobanya untuk menu hidanganmu di rumah.

Nah, bagi yang ingin mencoba resep masakan khas rumahan yang satu ini, Suara.com akan merangkum resep ayam kecap super lezat yang dilansir dari kanal YouTube Apriyani Yanuar.

Bahan-bahan:

Ayam 500 gr
Garam ½ sdt
Lada bubuk ¼ sdt
Bawang merah 6 siung (diiris tipis)
Bawang putih 5 siung (digeprak dan diiris tipis)
Bawang bombay ½ siung (iris tipis)
Cabe sesuai selera (iris tipis)
Kecap 5 sdm
Air 1 gelas
Garam 1/4 sdt
Kaldu bubuk ½ sdt
Gula ½ sdt
Lada bubuk ½ sdt

Cara memasak ayam kecap :

Setelah bahan-bahannya sudah disiapkan, selanjutnya masuk ke tahap proses pembuatan. Adapun cara membuatnya yakni sebagai berikut:

Pertama-tama, ayam diberi bumbu menggunakan campuran garam (1/2 sdt) dan lada (1/4 sdt), aduk rata sampai bumbu meresap, lalu diamkan selama 10 menit.

Jika sudah 10 menit, panaskan minyak untuk menggoreng ayam. Jika ayam sudah berwarna kecoklatan, angkat dari wajan, lalu tiriskan

Tumis bawang merah dan bawang putih sampai layu dan beraroma harum di dalam wajan/teflon. Setelah itu, tambahkan ayam yang sudah digoreng tadi ke dalam wajan/teflon.

Tambahkan air secukupnya atau 1 gelas air, lalu masukan kecap manis sebanyak 5 sdt. Tambahkan garam ¼ sdt, kaldu bubuk ½ sdt, dan lada 1/4 sdt, aduk sampai rata. Masukan gula ½ sdt dan aduk sampai rata.

Setelah itu, wajan/teflon ditutup beberapa saat dan tunggu sampai bumbu meresap. Jika bumbu sudah meresap, masukan irisan bawang bombai dan cabai.

Koreksi rasa, jika rasa sudah pas, matikan kompor.

Ayam kecap siap dihidangkan.

Demikianlah informasi mengenai resep ayam kecap yang bisa dijadikan resep masakan khas rumahan. Selamat mencoba, foodies!

Komentar
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: