Wacana Relokasi Puskesmas Siduk Menuai Protes Masyarakat

  • Bagikan
Puskesmas Siduk yang akan direolaksi oleh Pemerintah Kabupaten Kayong Utara. (Istimewa)

KAYONG UTARA, insidepontianak.com – Wacana Pemerintah Kabupaten Kayong Utara merelokasi Puskesmas  Siduk dari Desa Simpang Tiga, Kecamatan Sukadana ke Desa Sejahtera Kecamatan Sukadana  masyarakat  dinilai tidak tepat. Pasalnya, dengan direlokasi Puskesmas, masyarakat pun semakin jauh untuk mendapatkan pelayanan kesehatan. Terlebih, lokasi pembangunan Puskesmas ini jauh dari pemukiman penduduk dan sepi.

“Saya mewakili masyarakat  Desa Simpang  Tiga tidak setuju dan menolak pemindahan Puskesmas Siduk,” tegas Ketua BPD Simpang Tiga, Tarmizi ditemui usai rapat internal di Kantor Desa Simpang  Tiga, Jumat (20/8/2021).

Ia menegaskan, Puskesmas Siduk yang berada di Desa Simpang Tiga, sudah ada sejak lama. Bahkan, sudah ada sebelum terbentuknya Kabupaten Kayong Utara hadir menjadi kabupaten.

“Puskesmas Siduk ini sudah ada sejak masih Kabupaten Ketapang, sebelum pemekaran,” tegasnya.

Ia mengatakan, keberadaan Puskesmas Siduk sangat berarti, tidak hanya bagi masyarakat Desa Simpang Tiga. Namun juga masyarakat Desa Riam Berasap Jaya. Dua desa yang terletak persis di perbatasan Kayong Utara dan Kabupaten Ketapang ini termasuk desa padat penduduk.

“Harusnya pelayanan kesehatan itu mendekatkan masyarakat, relokasi ini justru menjauhkan, mohon kebijakan ini dikaji ulang,” pintanya.

Tarmizi mengatakan, pihaknya akan mempertanyakan hal ini ke Pemerintah Kabupaten Kayong Utara.

“Kita berencana menemui wakil rakyat di DPRD untuk mempertanyakan perihal relokasi ini,” ujarnya.

Kepala Desa Simpang Tiga Rajali mengaku kaget setelah mendengar bahkan melihat satu unit alat excavator membersihkan lahan di Desa Sejahtera sebagai lokasi relokasi Puskesmas Siduk.

“Tidak ada pemberitahuan ke kita mengenai relokasi ini, kita juga tidak tau apa alasannya, Puskesmas Siduk dipindah ke desa lain, yang jelas saya pribadi juga tidak setuju,” tutur Rajali.

Terpisah, Kepala Dinas Kesehatan dan Keluarga Berencana Kabupaten Kayong Utara, Bambang Suberkah membenarkan wacana relokasi Puskesmas Siduk.

“Iya, Rencana Puskesmas Siduk untuk Laboratorium Kesehatan Daerah (Labkesda), ” ungkap bambang. (Fauzi)

Komentar
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: