banner 468x60

Wisata ke Turki, Jangan Lupa 4 Destinasi Terbaik dan Memesona Ini

  • Bagikan
Hagia Sophia merupakan tempat ibadah sekaligus museum yang berada di Istanbul.
Hagia Sophia merupakan tempat ibadah sekaligus museum yang berada di Istanbul. Hagia Sofia menjadi salah satu spot wisata favorit turis. suara.com

PONTIANAK, insidepontianak.com – Turki dalam beberapa pekan ini menarik perhatian warga Indonesia. Apalagi, saat tim bola milik artis papan atas Raffi Ahmad, Rans Cilegon FC berlatih di sana.

Akhir-akhir ini pun banyak artis Indonesia seperti Felicya Angelista, Tanboy Kun, dan Rachel Vennya, yang memilih berwisata ke Istanbul, ibukota Turki. Atau yang dalam catatan sejarah juga disebut sebagai Konstantinopel atau Bizantium.

Turki terletak di benua Eropa. Namun karena mayoritas penduduknya beragama muslim, maka negara ini sering dijadikan pilihan untuk wisatawan yang mencari halal tourism, tetapi masih kental akan suasana Eropa.

Menjadi ibu kota negara, tak pelak jikalau Istanbul merupakan pusat perekonomian, budaya, pemerintahan, dan sejarah negara Turki. Dengan luas kota sebesar 1.830 kilometer persegi, Istanbul memiliki populasi sebanyak 14.025.646 orang dan menjadi salah satu kota dengan kepadatan penduduk tertinggi di dunia.

Kota Istanbul melintasi Selat Borospus yang berada di antara Laut Marmara dan Laut Hitam. Kondisi itu menjadikan Istanbul sebagai kota lintas benua.

Kota Istanbul memiliki banyak destinasi wisata yang menarik, mulai dari wisata alam sampai religi. Berikut Suara.com merekam obyek wisata yang terkenal di Istanbul, Turki.

1. Hagia Sophia

Hagia Sophia merupakan tempat ibadah sekaligus museum yang berada di Istanbul. Hagia Sophia dibangun pada tahun 537 M. Hagia Sophia awalnya berupa katedral ortodoks dan tempat kedudukan Patriark Ekumenis Konstantinopel.

Kemudian pada tahun 1204-1261, Hagia Sophia diubah kembali menjadi katedral katholik Roma oleh Pasukan Salib Keempat. Sementara pada tahun 1453-1931, di bawah kekuasaan Kesultanan Utsmani, bangunan ini diubah kembali menjadi masjid.

2. Istana Topkapi

Istana Topkapi atau Topkapi Sarayi dalam bahasa Turki adalah kediaman Sultan Utsmaniyah, yang dihuni selama 600 tahun, yakni mulai tahun 1465-1856. Istana ini mulai dibangun pada tahun 1459 atas perintah dari Sultan Mehmed II.

Selain untuk kediaman sultan, Istana Topkapi juga digunakan untuk tempat hiburan dan acara kenegaraan. Saat ini, bangunan ini menjadi tempat peninggalan suci umat muslim, termasuk jubbah Nabi Muhammad SAW.

3. Basilica Cistern

Bangunan ini adalah istana bawah tanah yang terletak di kota Istanbul. Penduduk Turki biasa mengenalnya dengan sebutan Yerebatan Sarnici.

Basilica Cistern sebenarnya adalah tempat penyimpanan air untuk istana Raja Bizantium yang berukuran sangat besar.

4. Galata Tower

Galata Kulesi atau Galata Tower adalah sebuah menara yang menjadi ikon kota Istanbul. Letaknya ada di pertengahan distrik Galata.

Menara ini memiliki tinggi sepanjang 66 meter dan diameter sebesar 16 meter, dengan ujung kerucut silinder tertutup. Dahulunya, Galata Tower memiliki fungsi menara pengawas kota dan menara pengawas kebakaran. Untuk saat ini Galata Tower menjadi daya tarik wisata.

Itu tadi empat destinasi wisata terbaik di Istanbul, Turki, yang bisa menjadi referensi apabila hendak ke sana.

Komentar
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: