banner 468x60

Bolivia, Sajikan Destinasi Wisata Apik nan Eksotis

  • Bagikan
Taman Nasional Madidi, Bolivia. suara.com
Taman Nasional Madidi, Bolivia. suara.com

PONTIANAK, insidepontianak.com – Mengunjungi negara eksotis, terutama di Amerika Selatan pastinya tak akan terlupakan. Negara dan suasana unik pasti tergambar jelas. Tak salah, jika kali ini kita akan membahas salah satu dari negara di kawasan tersebut.

Bolivia. Yups Bolivia merupakan salah satu negara di Amerika Selatan dengan ketinggian 3600 meter di atas permukaan laut. Ketinggiannya itu membuat negara yang satu ini terbilang sebagai salah satu negara tertinggi di dunia.

Bolivia juga merupakan salah satu wilayah yang terpencil yang jarang tersentuh oleh wisatawan dari berbagai penjuru dunia.

Bolivia memiliki lebih banyak suku dan adat jika dibandingkan dengan negara lain di Amerika selatan. Keberagaman suku dan adat inilah yang menjadi daya tarik untuk wisatawan.

Selain itu, Bolivia juga memiliki berbagai pemandangan alam yang sangat indah dan juga situs-situs kuno dan bersejarah yang sangat menakjubkan.

Berikut Suara.com merangkum deretan tempat wisata di Bolivia yang tak kalah apik dari destinasi lainnya.

1. Salar de Uyuni

Untuk tujuan wisata yang benar-benar luar biasa, sangat sulit untuk menandingi keindahan tempat yang satu ini. Salar de Uyuni merupakan salah satu tempat terdatar di dunia yang merupakan dataran garam seluas 4000 mil persegi yang terbentuk dari danau prasejarah.

Dataran garam yang luas ini akan menjadi seperti cermin setelah hujan turun. Pengunjung biasanya mengunjungi tempat ini dengan mobil jip. Keunikan tempat ini membuat ramai dikunjungi oleh wisatawan dari segala penjuru dunia.

2. Sucre

Dikenal sebagai kota empat nama, Sucre juga disebut Charcas, La Plata, dan Chuquisaca. Didirikan pada tahun 1500-an pada masa kolonial Spanyol. Sucre menawarkan kepada pengunjung gambaran yang jelas tentang kehidupan Spanyol pada masa aristokrasi pada abad ke-16.

Sucre memiliki banyak bangunan bersejarah penting yang patut dikunjungi, termasuk La Casa de la Libertad, tempat Simón Bolívar menulis Konstitusi Bolivia, dan Perpustakaan Nasional Bolivia, yang menampilkan dokumen-dokumen yang berasal dari abad ke-15.

3. Danau Titicaca

Danau Titicaca adalah danau terbesar di Amerika Selatan yang berada di perbatasan Bolivia dan Peru. Suku Inca serta sejumlah penduduk asli lainnya diperkirakan berasal dari wilayah tersebut.

Di dekat pantai tenggara danau, terletak Tiwanaku, reruntuhan negara kota kuno yang diyakini para ilmuwan sebagai pendahulu Kekaisaran Inca.

Danau Titicaca adalah salah satu tujuan liburan yang populer. Danau ini dikenal oleh masyarakat di berbagai penjuru dunia.

4. Jalan Yungas

Dijuluki sebagai jalan paling berbahaya di dunia, Jalan Yungas membentang dari La Paz, Ibu kota Bolivia, ke wilayah hutan hujan Amazon Bolivia di utara. Dari La Paz terdapat jalan menanjak hingga 15.000 kaki sebelum turun lagi sekitar 4.000 kaki ke kota Coroico.

Jalan tersebut terbukti sangat berbahaya bagi mereka yang bepergian dengan kendaraan. Namun Yungas telah menjadi daya tarik wisata favorit bagi para pengendara sepeda gunung yang ingin menikmati perjalanan menuruni bukit sepanjang 40 mil.

5. Taman Nasional Madidi

Taman Nasional Madidi terbentang dari Andes hingga Amazon. Luas taman nasional ini mencakup lebih dari 7.000 mil persegi.

Madidi dikenal sebagai salah satu taman yang paling beragam secara biologis di dunia. Pengunjung bisa melihat jaguar, berang-berang raksasa, monyet titi (spesies monyet yang tidak ditemukan di tempat lain di dunia). Lebih dari 11 persen dari 9.000 spesies burung di planet ini dapat ditemukan di Taman Nasional Madidi.

6. Jesuit Missions of Chiquitos

Tempat ini merupakan salah satu dari enam kota yang didirikan oleh para misioner Jesuit pada abad ke-17 dan 18. Beberapa tempat lainnya di Paraguay dan Argentina yang juga dibangun oleh misoner Jesuit telah mengalami keruntuhan.

Sedangkan tempat yang satu ini masih tetap berdiri hingga kini dan bahkan menjadi salah satu cagar budaya yang diakui oleh Unesco. Film ini juga pernah menjadi latar dalam fil berjudul “The Mission”.

Untuk para wisatawan, kota ini sangat mudah untuk dikunjungi. Terdapat berbagai penginapan yang tersedia di sekitar tempat ini.

7. Tiwanaku

Tempat ini terletak di sebelah tenggara pantai Danau Titicaca di Bolivia. Tiwanaku adalah salah satu pelopor penting dalam kekaisaran Inca di amerika selatan. Tempat ini merupakan sebuah perkotaan yang tumbuh pada abad ke7 hingga abad 9 dan menjadi kekuatan penting di Andes selatan pada mas itu. Dulunya kota ini dihuni sekitar 15.000 hingga 30.000 penduduk.

Jejak-jejak peninggalan di kota ini masih sebagian yang ditemukan. Tempat ini juga sekaligus menjadi peninggalan arsitektur megalitikum terbesar pada masa pra-inca di Amerika Selatan. Tempat ini juga sudah diakui oleh Unesco dan merupakan tempat wisata utama yang ada di Bolivia.

Itulah beberapa destinasi wisata di Bolivia yang terbaik untuk dikunjungi. Jadi kapan mau berkunjung ke Bolivia, nih?

Komentar
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: