banner 468x60

Heboh! Bunga Raflesia Langka Ditemukan di Sumbar

  • Bagikan
Bunga Raflesia langka ditemukan di Sumbar. suara.com
Bunga Raflesia langka ditemukan di Sumbar. suara.com

PONTIANAK, insidepontianak.com – Warga heboh. Ditemukan sebatang bunga rafflesia gadutensis yang tumbuh mekar di Nagari Sungai Gambir Sako Tapan, Kecamatan Ranah Ampek Hulu (Rahul) Tapan, Kabupaten Pesisir Selatan (Pessel), Sumatera Barat (Sumbar).

Bunga yang biasa banyak ditemukan di Bengkulu ini, tumbuh mekar di wilayah UPT Balai Besar Taman Nasional Kerinci Seblat (TNKS).

Kabid TNKS Wilayah II Sumbar Ahmad Darwis, melalui Pejabat Fungsional Pengendali Ekosistem Hutan, M. Ario Agusri mengungkapkan, penemuan ini untuk yang kedua kalinya ditemukan tahun ini, di Sako Tapan dengan jarak sekitar 2 kilometer dari pemukiman penduduk dan 750 meter dari jalan lintas Tapan-Kerinci.

“Ditemukan mekar 21 Agustus 2021 lalu, oleh masyarakat mitra Polhut Balai Besar TNKS. Hari ini (Minggu) mekarnya baru sempurna,” ungkap M. Ario Agusri, didampingi Polisi Kehutanan BBTNKS Rika Putra Abbas, mengutip Suara.com, Minggu 22 Agustus 2021.

Bunga raflesia langka yang biasa banyak ditemukan Bengkulu ini, menurut M. Ario Agusri merupakan salah satu tumbuhan parasit langka yang hidup di hutan hujan tropis.

Jenis padma ini ditemukan tersebar di wilayah Asia Tenggara, khususnya Semenanjung Malaya, Sumatera, Kalimantan, Jawa dan kepulauan Filipina.

“Dan pada tahun 2021 ini dengan jenis yang sama telah mekar sebanyak dua kali di lokasi yang berdekatan. Selain itu, juga ada yang akan mekar 4 knob/bonggol lagi yang akan mekar,” jelasnya.

Saat ini bunga langka yang masuk sebagai tumbuhan dilindungi tersebut telah dalam pemantauan BBTNKS. Karena memang, keberadaan rafflesia sangat dijaga dan termasuk spesies endemik.

“Kepada masyarakat agar tidak membersihkan areal di sekitar lokasi untuk membiarkan bunga tersebut mekar, dan pengunjung juga akan kita batasi. Hal ini untuk menjaga kondisi bunga dan habitatnya,” terangnya.

Komentar
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: