banner 468x60

Gubernur Sutarmidji Sebut Penyintas Covid-19 Boleh Donor Darah Setalah 21 Hari Sembuh

  • Bagikan
Gubernur Kalbar, Sutarmidji
Gubernur Kalbar, Sutarmidji tinjau kegiatan donor darah di Sekretariat TP KK Kalbar, Jalan Sutoyo, Pontianak Selatan, Kamis (26/8/2021). (Ist)

PONTIANAK, insidepontianak.com – Gubernur Kalimantan Barat, Sutarmidji, mengajak masyarakat donor darah. Terlebih di masa pandemi ini. Stok darah dibutuhkan PMI. Terutama untuk para penderita thalasemia.  Dia pun menyebut, penyintas Covid-19 boleh donor darah. Namun, dengan syarat setelah melewati waktu 21 hari, terhitung sejak dinyatakan negatif.

“Untuk penyintas Covid-19 kalau sudah dinyatakan sembuh dan sudah melewati fase waktunya, dia boleh kembali berdonor darah,” ucap Gubernur Sutarmidji usai tinjau kegiatan donor darah di TP PPK Kalbar, Jalan Sutoyo, Pontianak Selatan, Kamis (26/8/2021). Kegiatan ini turut dihadiri Direktur Utama Bank Kalbar, Syamsir Ismail.

Gubernur pun mengapresiasi kegiatan donor darah yang diinisiasi TP PKK Kalbar. Mernurutnya, momen saat ini sangat tepat untuk memotivasi masyarakat agar tidak perlu khawatir dan ragu mendonorkan darahnya.

Dia pun menjamin, manfaat donor darah selain memiliki nilai sosial, juga bermanfaat untuk kesehatan diri sendiri.

“Donor darah ini dibutuhkan seperti penderita thalasemia, atau ibu yang melahirkan. Makanya dalam kondisi seperti ini, pendonor darah sangat dibutuhkan,” ucap Gubernur Sutarmidji.

Gubernur Sutarmidji ucapkan terima kasih kepada TP-PKK Kalbar yang sudah melaksanakan kegiatan donor darah.

“Mudah-mudahan bisa mencapai perkiraan lebih dari 50 kantong darah. Biasanya darah ini kalau ada 100 kantong darah yang bisa digunakan hanya 70 kantong darah karena harus dicek lagi untuk beberapa jenis penyakit,” tutupnya.

Ketua TP-PKK Kalbar, Lismaryani Sutarmidji menyebut, kegiatan donor darah ini merupakan program kerja khususnya Pokja IV yang diperuntukkan membantu masyarakat dalam pemenuhan kebutuhan darah.

“Mereka yang pendonor ini sudah diperiksa semua dan bisa langsung diambil darahnya,” ucapnya.

Dia membahkan, untuk penyintas Covid-19 yang mengikuti donor darah, harus mempunyai syarat negatif Covid-19 dan sudah melewati fase waktu sejak terpapar Covid-19.

“Kalau ada yang pernah positif apalagi sudah melewati tiga bulan sejak terpapar Covid, juga sudah bisa berdonor kembali,” tutupnya.

Komentar
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: