banner 468x60

Kenali Manfaat Bunga Lavender, si Tanaman Terapi Ungu Favorit Banyak Produk

  • Bagikan
Manfaat Bunga Lavender. suara.com
Manfaat Bunga Lavender. suara.com

PONTIANAK, insidepontianak.com – Sering menemukan kandungan bunga lavender di berbagai produk? Yup, bunga terapi yang memiliki warna ungu satu ini memang kaya akan manfaat, terutama di bidang kesehatan, lho!

Lavender adalah tanaman berbunga yang termasuk dalam tanaman keluarga mint, yang memiliki aroma yang manis. Ini dia manfaat lavender pada bidang kesehatan. Suara.com merangkum untuk kalian.

1. Membantu Meningkatkan Kualitas Tidur

Kamu punya insomnia? Bisa banget untuk coba menggunakan produk serba lavender. Menurut studi British Association of Critical Nurses yang dipublikasikan pada Maret 2017, lavender untuk essential oil bermanfaat untuk meningkatkan kualitas tidur bagi siapapun yang memiliki masalah tidur.

2. Mengurangi Skin Blemishes

Menemui kandungan lavender dalam skincare? Ternyata ini manfaatnya, lavender dapat mengurangi skin blemishes.

Apa itu skin blemishes? Skin blemishes adalah masalah kulit wajah berupa kemerahan, bopeng, luka bekas jearawat, komedo, noda hitam, dan kondisi lainnya yang membuat kuliy wajah tidak halus dan bersih.

3. Digunakan Untuk Meredakan Nyeri

Mengutip dari everydayhealth.com, sebuah studi menemukan lavender menjadi obat yang efektif untuk meredakan nyeri pasca operasi.

Ini dapat berfungsi sebagai pereda nyeri karena mengandung linalyl acetat dan linalool, yakni komponen anti-inflamasi yang ditemukan dalam minyak esensial dalam kandungan bunga lavender.

4. Meredakan Gejala Asma

Karena lavender mengandung anti-inflamasi, minyak esensial lavender memiliki dampak positif pada kesehatan pernapasan, meredakan peradangan alergi, dan mucus hiperplasia.

5. Menghentikan Pertumbuhan Jamur

Ada sejumlah penelitian yang menyiriti potensi aktivitas anti-jamur pada lavender. Studi menunjukkan minyak esensial lavender mungkin efektif dalam menghambat pertumbuhan jenis jamur tertentu seperti C. albicans.

Minyak esensial lavender juga bisa digunakan sebagai obat untuk mengobati kaki yang terkena kurap, yang juga disebabkan oleh jamur.

Selain digunakan untuk masalah di atas, manfaat lavender ternyata sudah digunakan sejak zaman kuno untuk mengobati beberapa penyakit lain seperti kegelisahan, depresi, masalah kesehatan mental lainnya.

Oleh karena itu, lavender paling sering digunakan untuk aromaterami. Keharuman dari minyak tanaman lavender dipercaya dapat meningkatkan ketenangan, membantu mengurangi stres dan kecemasan.

Komentar
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: