banner 468x60

Berkunjung ke Kalimantan Barat? Jangan Lupa Cicipi Kuliner Khas Ini

  • Bagikan

PONTIANAK, insidepontianak.com – Provinsi Kalimantan Barat dihuni oleh barbagai macam ragam tradisi dan budaya, faktor tersebut juga membuat setiap daerah mempunyai makanan yang khas dan beragam.

Itulah sebabnya akan sayang sekali jika melewatkan kuliner khas beberapa daerah di Kalimantan Barat ketika sedang mengunjungi daerah tersebut. Berikut ini merupakan beberapa kuliner khas Kalimantan Barat yang populer, di antaranya :

1. Bubur Pedas

Bubur Pedas khas Sambas, Klalbar. Ist
Bubur Pedas khas Sambas, Klalbar. Ist

Bubur pedas merupakan makanan khas Sambas yang dibuat dari beras yang ditumbuk halus serta beberapa rempah-rempah dan sayuran seperti Kecambah, rebung, daun kencur, jagung, pakis, dan yang paling tidak bisa dilewatkan adalah daun kesum.

Meskipun berasal dari Sambas, Makanan yang kaya akan sayur mayur ini dapat kita jumpai di banyak sudut daerah di Kalimantan Barat.

2. Kerupuk Basah

Kerupuk Basah, khas Kapuas Hulu, Kalbar. Ist
Kerupuk Basah, khas Kapuas Hulu, Kalbar. Ist

Kerupuk basah merupakan makanan khas Kapuas Hulu yang sayang sekali jika dilewatkan jika berkunjung ke Kalimantan Barat, terutama Kapuas Hulu.

Memiliki bentuk lonjong memanjang, Kerupuk Basah dibuat dengan daging ikan toman atau ikan belidak yang sudah digiling. Memiliki perpaduan yang pas dan kha dijamin akan membuat anda ketagihan jika sudah mencicipinya.

Komentar
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: